Bagaimana Tata Cara Sholat Tarawih Dan Witir Sendiri Lengkap

Dengan adanya wabah virus corona (Covid-19) yang sedang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia dan juga belahan dunia lainnya, maka khusus untuk bulan Ramadhan ditahun 1441 H ini, Kementrian Agama mengeluarkan surat edaran yang berisi himbauan agar tidak melakukan sholat tarawih secara berjamaah di masjid atau mushalla dan menganjurkan untuk melakukan sholat tarawih dirumah saja baik sendiri maupun berjamaah dengan keluarga inti saja untuk meminimalisir penyebaran virus corona yang hingga saat ini masih mewabah.

Untuk mendukung hal tersebut, maka anak cemerlang akan membagikan bagaimana tata cara dalam melakukan sholat tarawih serta shalat witir sendiri dirumah maupun berjamaah bersama keluarga inti.

tata cara sholat Tarawih dan sholat Witir sendiri lengkap

Pada dasarnya, tata cara sholat tarawih baik dilakukan sendiri maupun berjamaah dimasjid maupun dirumah tidaklah ada bedanya, baik itu dilakukan dengan 8 rakaat maupun 20 rakaat.

Sholat tarawih merupakan salah satu shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari, oleh karena itu, sholat tarawih juga harus tetap mengikuti kaidah sholat sunnah malam pada umumnya yaitu salam pada setiap dua rakaatnya dan baru kemudian diulangi dengan 2 rakaat berikutnya hingga mencapai 8 rakaat atau 20 rakaat.

Bacaan Dan Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri Dirumah Lengkap Beserta Artinya


1. Membaca niat shalat Tarawih yaitu


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya: Aku niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala (bila menjadi makmum, kalimat ada'an diganti menjadi makmuuman).

2. Mengucap takbir ketika takbiratul ihram sambil membaca niat sholat sunat tarawih di dalam hati. 


3. Membaca Surat Al-Fatihah yang kemudian dilanjutkan dengan membaca salah satu surat pendek Al-Quran. 


4. Rukuk


5. Itidal


6. Sujud pertama


7. Duduk di antara dua sujud


8. Sujud kedua


9. Bangkit dari duduk kemudia mengerjakan rakaat yang kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama.


10. Salam pada rakaat kedua. 


11. Membaca Istighfar dan dianjurkan untuk membaca doa kamilin setelah selesai shalat Tarawih.


Bacaan Do'a Kamilin Lengkap Beserta Artinya


اَللَّهُمَّ اجْعَلْناَ بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنْ، وَلِلْفَرَآئِضِ مُؤَدِّيْنَ، وَلِلصَّلَاةِ حَافِظِيْنَ، وَلِلزَّكاَةِفَاعِلِيْنَ، وَلِمَاعِنْدَكَ طَالِبِيْنَ، وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ، وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ، وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْنَ، وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ، وَفِى الْأَخِرَةِ رَاغِبِيْنَ، وَبِالْقَضَآءِ رَاضِيْنَ، وَلِلنَّعْمَآءِ شَاكِرِيْنَ،
وَعَلَى الْبَلَآءِ صَابِرِيْنَ، وَتَحْتَ لِوَآءِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَآئِرِيْنَ، وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ، وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ، وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ، وَعَلَى سَرِيْرِ الْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ،
وَمِنْ حُوْرٍ عِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ، وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ، وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آَكِلِيْنَ، وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفَّى شَارِبِيْنَ، بِأَكْوَابٍ وَاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مَنْ مَعِيْنٍ، مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ،
وَحَسُنَ أُوْلَئِكَ رَفِيْقًا، ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هَذَا الشَّهْرِ الشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَآءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ، وَلاَ تَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَآءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummaj’alna bilimani kamilin, wa lil Faraidi Muaddin, walis shalati hafidzin, wa lizzakati fa’ilin, wa lima indaka thalibin, wa li afwika rajiin, wa bil huda mutamassikin, wa ‘anil laghwi mu’ridhi, wa fid dunya zahidin, wa fil akhirati raghibin, wabil qadhai radhiin, wa lin na’mai syakirin,

wa ‘alal bala’ shabirin, wa tahta liwai sayyidina muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irin, wa ilal haudi waridin, wa ilal jannati dahilin, wa minan nari naajiin, wa ‘ala sariril karamati qa’idin,

wa min khurin ‘inin mutazawwijin, wa min sundusin wa istabraqin, wa dibaajin mutalabbisin, wa min tha’amil jannati akilin, wa min labanin wa’asalin mushaffaini syaribin, bi akwabin wa abariqa wa ka’sin min ma’in, ma’al ladzina an’amta alaihim minan nabiyyina was shiddiqiina was syuhada’i was sholihin, wa hasuna ula’ika rafiqaa, dzalikal fadhlu minallahi. Wa kafa billahi ‘alima.

Allahummaj’alna fi hadzas syahri syarifatil mubarakati minas su’ada’il maqbulin. Wa laa taj’alna minal azkiya’il marduudin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin, wa ‘aalihi wa sahbihi ajma’in. birahmatika ya arhamar rahimin.

“Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban- kewajiban terhadap-Mu, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan ketentuan, yang bersyukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad) yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Amin.”

Setelah selesai menjalankan sholat tarawih dan membaca do'a Kamilin, maka kita bisa melanjutkan dengan melakukan sholat witir.

Sholat Witir


Sholat witir adalah sholat sunah yang dikerjakan dengan bilangan rakaat ganjil, yaitu minimum 1 rakaat dan maksimum 11 rakaat, namun sebagian besar umat muslim di Indonesia mengerjakannya 3 rakaat dengan 2 kali salam yaitu dikerjakan 2 rakaat hingga salam dan dilanjutkan dengan 1 rakaat lagi hingga salam.

Bacaan Niat Sholat Witir 2 Rakaat Dikerjakan Sendiri


اُصَلِّى سُنَّةَ مِنَ الوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatan minal Witri rak‘ataini mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya: Aku mengerjakan sholat sunah witir dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.

Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat Dikerjakan Sendiri


اُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatal Witri rak‘atan mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā

Artinya: Aku mengerjakan sholat sunah witir satu rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.

Setelah selesai mengerjakan sholat witir, kita dianjurkan untuk membaca do'a kembali seperti do'a-do'a yang biasa kita bacakan setelah selesai mengerjakan sholat 5 waktu atau do'a-do'a yang lainnya.

Demikianlah tata cara sholat Tarawih dan juga sholat Witir yang dilengkapi dengan bacaan do'a kamilin yang dilengkapi dengan tulisan terjemahan dalam bahasa Indonesia beserta artinya, semoga dibulan Ramadhan 1441 H (2020 M) yang sangat berbeda dengan suasana Ramadhan ditahun-tahun sebelumnya ini bisa kita ambil hikmahnya dan kita bisa mengerjakan semua ibadah wajib dan sunah ramadhan dengan sempurna dan semoga wabah corona yang saat ini melanda segera usai dan kita serta seluruh keluarga kita selalu diberikan kesehatan dan keimanan oleh Allah SWT, Amiiin ya robbal alamiiin.

0 Response to "Bagaimana Tata Cara Sholat Tarawih Dan Witir Sendiri Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel