-->

12 Amalan Sunnah Terbaik Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan sebuah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam diseluruh dunia yang hanya datang sekali dalam setahun, karena pada bulan ini segala amalan baik itu amalan wajib maupun amalan sunnah akan dilipatgandakan pahalanya dan segala dosa kita dimasa lalu bisa terampuni.

Dari sekian banyak amalan-amalan yang bisa kita kerjakan selama bulan suci Ramadhan, pada halaman ini, kami akan berbagi beberapa amalan sunnah terbaik yang bisa kita kerjakan selama bulan Ramadhan.

amalan sunnah terbaik selama bulan Ramadhan

Selain itu, pada setiap bulan Ramadhan juga terdapat satu malam yang sangat istimewa yaitu malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah suatu malam yang sangat mulia yang lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam ini semua dosa yang telah kita perbuat dimasa lalu akan diampuni oleh Allah SWT, malam Lailatul Qadar juga diperingati sebagai malam turunnya AlQur'an.

َيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya : “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (QS. Al-Qadr: 3)

malam lailatul qadar

“Barangsiapa shalat di malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

“Barang siapa yang menghidupkan malam Lailatul Qodr dengan Iman dan Ihtisab (mengharapkan pahala), niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (HR. Bukhari)


12 Amalan Sunnah Terbaik Yang Bisa Dikerjakan Selama Bulan Ramadhan

  1. Mengakhirkan Makan Sahur

  2. Dengan bersahur, kebutuhan nutrisi kita selama berpuasa seharian bisa terjaga dengan baik, karena itu kita sangat dianjurkan untuk bersantap sahur dan waktu terbaik untuk bersantap sahur adalah diakhir waktu.

    Sabda Rasulullah SAW : "Bersantap sahurlah kalian, karena sahur itu adalah keberkahan (HR. Bukhari)".

  3. Menyegerakan Berbuka Puasa

  4. Setelah kita berpuasa seharian penuh, saat waktu Maghrib tiba, kita disunnahkan untuk segera berbuka dengan makanan dan minuman yang manis seperti kurma.

    Hal ini bertujuan agar tubuh kita bisa segera kembali menjadi segar dan bertenaga dan bisa melakukan ibadah sunnah lainnya seperti sholat tarawih yang dilanjutkan dengan sholat witir.

  5. Membaca Do'a Sebelum Berbuka Puasa

  6. Walaupun kita merasa sangat lapar dan haus setelah seharian tidak makan dan minum, namun bukan berarti kita melupakan rasa syukur kita kepada Allah, karena itu kita dianjurkan untuk membaca do'a berbuka puasa terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan yang ada didepan kita.

    Bacaan Do'a Berbuka Puasa

    اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

    Allâhumma laka shumtu wa 'alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama'u wabtalatil 'urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta'âlâ 

    Artinya, "Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan.


  7. Memberi Makan Orang Berbuka Puasa

  8. Memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada umat muslim yang lain adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan. Barang siapa yang memberikan makan untuk berbuka puasa, maka orang tersebut juga akan mendapatkan pahala puasa yang sama dengan orang yang memakan makanan tersebut tanpa mengurangi pahala puasa orang tersebut. 

  9. Memperbanyak Sedekah

  10. Memperbanyak sedekah selama bulan Ramadhan sangatlah dianjurkan karena hal tersebut akan membersihkan harta yang kita miliki dan juga menambah keberkahan rezeki yang selama ini telah kita terima, apalagi disaat wabah corona masih melanda, banyak sekali orang yang kesusahan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. 

  11. Memperbanyak Do'a Dan Dzikir

  12. Bulan Ramadhan yang penuh Rahmat dan Maghfiroh ini adalah saat yang sangat baik untuk kita berdo'a, bertaubat memohon ampunan atas segala kesalahan yang telah kita perbuat. Selain itu kita juga dianjurkan untuk senantiasa berdzikir, kapanpun dan dimanapun. Berdzikir bisa dilakukan dengan bersuara keras maupun hanya dibaca didalam hati saja. 

  13. Membaca AlQur'an

  14. Al Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. pada bulan Ramadhan, karena itu sangat dianjurkan untuk setiap hari membaca Alqur'an apalagi sampai bisa khatam 30 juz selama Ramadhan ini. Barang siapa yang membaca AlQur'an dibulan Ramadhan, setiap satu huruf yang dibaca akan dianggap sebagai satu kebaikan oleh Allah SWT. 

  15. Menahan Diri

  16. Menahan diri dari segala godaaan hawa nafsu dan tingkah laku serta perkataan yang tidak baik adalah salah satu makna dari bulan suci Ramadhan dan bukan hanya menahan diri dari makan dan minum saja. 

  17. Mengerjakan Sholat Tarawih

  18. Sholat tarawih adalah salah satu ibadah yang hanya bisa dilakukan selama bulan Ramadhan saja dan tidak bisa dikerjakan diwaktu yang lain, karena itu walaupun saat ini ada larangan dari pemerintah untuk tidak melakasanakan sholat tarawih di masjid atau mushalla, kita tetap bisa melakukan sholat tarawih sendiri dirumah atau berjamaah bersama keluarga inti saja. 

  19. Mandi Junub Sebelum Terbit Fajar

  20. Bagi pasangan suami istri yang melakukan hubungan badan dibulan Ramadhan, sangat dianjurkan untuk melakukan mandi besar atau mandi junub sebelum terbit fajar agar ketika telah masuk waktunya berpuasa, tubuh kita telah suci kembali. 

  21. I'tikaf Di Masjid

  22. Ber i'tikaf didalam masjid selama bulan Ramadhan adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan, namun karena saat ini situasi dan kondisi kurang memungkinkan untuk dilakukan, maka kita bisa memperbanyak dzikir dan tadarus dirumah saja. 

  23. Melakukan Umrah

  24. Bagi setiap muslim yang memiliki kecukupan harta, sangat dianjurkan untuk melakukan umrah setidaknya sekali seumur hidup, apalagi kalau bisa dilakukan selama bulan Ramadhan, hal itu sangatlah baik karena beribadah umrah selama bulan Ramadhan, nilainya sama dengan umrah bersama Nabi Muhammad SAW. 

Itulah 12 amalan sunnah terbaik selama bulan Ramadhan yang kami himpun dari berbagai sumber, semoga ibadah puasa kita bisa berjalan dengan lancar, mendapatkan pahala yang berlimpah dan bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan tahun depan. Aamiiiin Ya Rabbal Alamiin.

0 Response to "12 Amalan Sunnah Terbaik Selama Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel