11 Hadits Sahih Tentang Kesabaran

Sabar adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dengan cara menahan dan mengekang emosi, perasaan, keinginan serta mampu bertahan dalam situasi dan cobaan yang sulit tanpa berkeluh kesah.

Sikap sabar dalam menghadapi cobaan kehidupan sangat dianjurkan dalam agama Islam karena dengan kesabaran akan memberikan kekuatan dan kekokohan jiwa.
Allah berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 153 : " Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Dalam kehidupan ini kita akan menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang sangat membutuhkan kesabaran karena disitulah tingkat keimanan kita akan di uji sebagaimana firman Allah :
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (surah Al Baqarah ayat 155)
Hadits Sahih Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran

Bersabarlah terhadap apapun yang tertulis dalam garis hidupmu, karena garis hidupmu ditulis oleh penulis paling agung sepanjang masa yaitu Allah SWT.

Selain terdapat berbagai ayat Al Qur'an tentang kesabaran, seperti yang anak cemerlang sampaikan diatas, terdapat juga beberapa hadits sahih tentang kesabaran dan berikut ini adalah 11 hadits sahih tentang sikap sabar.

Dari Ummu Al-Ala', dia berkata : "Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menjengukku tatkala aku sedang sakit, lalu beliau berkata. 'Gembirakanlah wahai Ummu Al-Ala. Sesungguhnya sakitnya orang Muslim itu membuat Allah menghilangkan kesalahan-kesalahan, sebagaimana api yang menghilangkan kotoran emas dan perak".
HR : Abu Daud

Dari Sa'id bin Abi Waqqash Radhiyallahu anhu, dia berkata. "Aku pernah bertanya : Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling keras cobaannya?" Beliau menjawab: "Para nabi, kemudian orang pilihan dan orang pilihan lagi.
Maka seseorang akan diuji menurut agamanya. Apabila agamanya merupakan (agama) yang kuat, maka cobaannya juga berat. Dan, apabila di dalam agamanya ada kelemahan, maka dia akan diuji menurut agamanya.
Tidaklah cobaan menyusahkan seorang hamba sehingga ia meninggalkannya berjalan di atas bumi dan tidak ada satu kesalahan pun pada dirinya".
HR :  At-Tirmidzy, Ibnu Majah, Ad-Darimy .

Cobaan tetap akan menimpa atas diri orang mukmin dan mukminah, anak dan juga hartanya, sehingga dia berjumpa dengan Allah dan pada dirinya tidak ada lagi satu kesalahanpun.
HR :  At-Tirmidzy

Tidaklah seorang muslim menderita sakit karena suatu penyakit dan juga lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya dengan penyakit itu, sebagaimana pohon yang menggugurkan daun-daunnya.
HR : Bukhari, Muslim

Dari Anas bin Malik, dia berkata. "Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata. "Sesungguhnya Allah berfirman. Apabila Aku menguji hamba-Ku (dengan kebutaan) pada kedua matanya lalu dia bersabar, maka Aku akan mengganti kedua matanya itu dengan sorga".
HR : Bukhari

Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada seorang pun yang lebih sabar mendengar sesuatu yang menyakitkan daripada Allah, karena meskipun mereka menyekutukan Allah serta beranggapan bahwa Allah memiliki anak, tetapi Allah tetap memberikan rezeki, kesehatan serta menganugerahkan apa yang mereka minta".
HR : Muslim

Dari Abu Malik al-Harits bin Ashim al-Asy'ari R.A. Rasulullah SAW bersabda:
"Bersuci adalah separuh keimanan dan Alhamdulillah itu memenuhi imbangan, Subhanallah dan Alhamdulillah itu dapat memenuhi atau mengisi penuh apa-apa yang ada di antara langit-langit dan bumi.

Shalat adalah pahala, sedekah adalah sebagai tanda keimanan bagi yang memberikannya,
sabar adalah merupakan cahaya pula, Al-Quran adalah merupakan hujjah untuk kebahagiaanmu jikalau mengikuti perintah-perintahnya dan menjauhi larangan - larangannya dan dapat pula sebagai hujjah atas kemalanganmu jika tidak mengikuti perintah-perintahnya dan suka melanggar larangan-larangannya.

Setiap orang itu berpagi-pagi, maka ada yang menjual dirinya kepada Allah berarti ia memerdekakan dirinya sendiri dari siksa Allah Ta'ala itu dan ada yang merusakkan dirinya sendiri pula karena tidak menginginkan keridhaan Allah Ta'ala.
HR : Muslim

Rasulullah SAW bersabda : "Amat mengherankan sekali keadaan orang mu'min itu, sesungguhnya semua keadaannya itu adalah merupakan kebaikan baginya dan kebaikan yang sedemikian itu tidak akan ada lagi seseorang pun melainkan hanya untuk orang mu'min itu sendiri.

Apabila ia mendapatkan kelapangan hidup, maka ia pun bersyukur, maka hal itu adalah kebaikan baginya, sedang apabila ia ditimpa oleh kesukaran yakni yang merupakan bencana, ia pun bersabar maka hal ini merupakan kebaikan baginya.
HR : Muslim

Demikianlah beberapa mutiara Islam tentang kesabaran, semoga kita bisa menjadi orang yang lebih sabar lagi dan mendapatkan apa yang telah Allah janjikan kepada orang-orang yang sabar. AAmiiin.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar