Daftar Cerita Rakyat Sulawesi Utara

Pada kesempatan ini anak cemerlang akan membagikan daftar cerita rakyat yang berasal dari Sulawesi Utara. Terdapat beberapa cerita rakyat Sulawesi Utara diantaranya adalah kisah Ratu Adio, dan Asal Usul burung Moopoo.

Provinsi Sulawesi Utara yang biasa disingkat SULUT dengan ibukota provinsinya yaitu Manadao adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulaweso yang dikelilingi oleh Laut Maluku, Teluk Tomini dan disebelah timur berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik.

Sulawesi Utara yang memiliki luas lebih dari 13.800 km terbagi menjadi 11 Kabupaten dan 4 kota dengan jumlah kecamatan sebanyak 168 kecamatan dan memiliki 1832 kantor kelurahan.

Cerita Rakyat Sulawesi Utara

Senjata tradisional masyarakat Sulawesi Utara adalah Sabel. Sabel merupakan pedang tradisional suku Minahasa yang bentuknya menyerupai daun kelapa.

Rumah adat Sulawesi Utara dinamakan Wale. Wale adalah rumah adat berbentuk panggung yang mempunyai ciri memiliki 3 bagian utama berbentuk serambi yaitu serambi depan, serambi tengah dan serambi belakang selain itu rumah Wale juga memiliki satu bagian tambahan di bagian belakang yaitu rumah dapur yang digunakan sebagai tempat memasak.

Beberapa tarian daerah dari Sulawesi Utara antaralain adalah Tari Poco-Poco, Tari Maengket dan Tari Cakalele.

Sebagai daerah yang luas, Sulawesi mempunyai beberapa objek wisata alam diantaranya adalah danau Tondano, danau Linouw, danau Bulilin, pantai Bentenan, gunung Klabat, air terjun Laun Dano dan yang paling terkenal adalah taman laut Bunaken.

Selain wisata alam, terdapat juga beberapa objek wisata religi di Sulawesi Utara diantaranya adalah Masjid Raya Manado, Gereja GMIM Sentrum Manado, Gereja Sentrum Langowan, Gereja Katolik Pineleng dan kuburan Borgo.

Itulah sekilas mengenai Sulawesi Utara yang bisa kami sampaikan dan berikut ini adalah daftar yang berisi daftar cerita rakyat dari Sulawesi Utara.

Daftar Cerita Rakyat Sulawesi Utara

  1. Abo Maongkuroit
  2. Asal-usul Burung Moopoo
  3. Kekekow Dengan Gadis Miskin
  4. Napombalu
  5. Ratu Adioa
  6. Si Sigarlaki Dan Si Limbat
  7. Tulap Dan Lelaki Tua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar