Daftar Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara

Berikut ini adalah daftar cerita rakyat Sulawesi Tenggara yang terdiri dari 8 cerita rakyat masyarakat provinsi Sulawesi Tenggara.

Provinsi Sulawesi Tenggara yang mempunyai luas lebih dari 38.000 km terbagi menjadi 15 Kabupaten dan 2 Kota dengan kecamatan sebanyak 209 dan Kelurahan sebanyak 2.272 buah.

Pada awalnya ibukota Sulawesi Tenggara adalah Baubau, namun karena beberapa pertimbangan maka ibukota provinsi Sulawesi Tenggara di pindahkan ke kota Kendari.

Mayoritas penduduk Sulawesi Tenggara berasal dari Suku Tolaki, Buton dan Muna dengan 95 persen penduduk provinsi ini memeluk agama Islam.

Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara

Pakaian adat masyarakat provinsi Sulawesi Tenggara disebut Babu Nggawi dan Babu Nggawi Langgai. Babu Nggawi adalah pakaian adat yang biasa dikenakan oleh wanita pada upacara pernikahan, sedangkan Babu Nggawi Langgai adalah pakaian adat pria pada upacara pernikahan yang digelar oleh masyarakat Sulawesi Tenggara.

Sulawesi Tenggara mempunyai keindahan alam yang luar biasa, karena itu banyak sekali terdapat objek wisata alam di Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Taman Nasional Wakatobi yang terkenal akan keindahan terumbu karang-nya, juga ada wisata bawah laut Basilika di kabupaten Buton Selatan, pantai Nirwana, pantai Lakeba, pantai Kamali, air terjun Samparona, gua Moko, gua Lakasa, gua Kaisabu dan wisata alam danau Napabale.

Selain wisata alam, Sulawesi Tenggara juga memiliki beberapa objek wisata sejarah seperti Benteng Keraton Buton, Istana Malige, Masjid Agung Keraton Butonndan juga Benteng Kerajaan Kabaena.

Itulah sedikit sejarah dan budaya dari provinsi Sulawesi Tenggara, dan dibawah ini adalah daftar cerita rakyat masyarakat Sulawesi Tenggara seperti yang saya sebutkan di atas.

Daftar Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara

  1. Anak Gadis Nining Kubaea
  2. Asal Mula Burung Ntaapo-Apo
  3. Asal Mula Nama Gunung Mekongga
  4. Indara Pitaara Dan Siraapare
  5. La Onto-Ontolu
  6. La Sirimbone
  7. Lamoelu Si Anak Yatim
  8. Oheo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar