Daftar Cerita Rakyat Maluku Utara

Pada halaman ini anak cemerlang akan berbagi daftar cerita rakyat dari Maluku Utara. Maluku Utara adalah Provinsi yang terbentuk dari pemekaran wilayah Provinsi Maluku.

Pengesahan Maluku Utara menjadi sebuah provinsi terjadi pada 4 Oktober 199 yang dituangkan dalam Undang-Undang no. 46 tahun 1999 dan juga UU no. 6 tahun 2003.

Maluku Utara mempunyai luas 1.038.087 km yang terbagi menjadi 8 Kabupaten, 2 Kota, 112 Kecamatan dan 1071 Kelurahan dengan ibukota provinsi terletak di kota Sofifi.

Pada saat ini, Provinsi Maluku Utara berada di peringkat 10 sebagai daerah penting penyebaran burung endemik karena di Maluku Utara terdapat 223 spesies burung dan 43 diantaranya merupakan burung endemik kawasan Maluku Utara.

Maluku Utara memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa karena disana masih banyak terdapat pantai-pantai dengan pemandangan yang indah juga taman-taman laut yang terumbu karangnya masih terjaga dan dipenuhi berbagai jenis ikan.

Maluku Utara juga memiliki beberapa kawasan suaka alam baik didaratan maupun di lautan diantaranya adalah Cagar Alam Gunung Sibela di Pulau Bacan, Cagar Alam di Pulau Obi, Cagar Alam Taliabu di Pulau Taliabu dan Cagar Alam di Pulau Seho.


Cerita Rakyat Maluku Utara

Kawasan Cagar Alam Budaya yang memiliki nilai sejarah kepurbakalaan tersebar di wilayah Provinsi Maluku Utara meliputi cagar alam budaya di Kota Ternate, Kota Tidore, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Halmaera Utara.

Daftar Cerita Rakyat Maluku Utara


🌟 Asal Mula Telaga Biru
🌟 Batu Belah
🌟 Empat Sultan Di Maluku Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar