Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah provinsi ke 34  di Indonesia yang berarti provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi termuda Indonesia saat ini yang diresmikan pembentukannya pada rapat DPR dan disahkan dengan Undang-Undang no.20 tahun 2012.

Provinsi Kalimantan Utara yang ibukota provinsi-nya adalah Tanjung Selor memiliki luas 75.467 km yang terdiri atas 4 Kabupaten, 1 Kota, 50 Kecamatan dan 479 Kelurahan.

Sebelum terbentuk menjadi sebuah provinsi, wilayah Kalimantan Utara yang terletak di bagian utara pulau Kalimantan merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Timur.

Cerita Rakyat Kalimantan Utara

Seperti juga masyarakat pulau Kalimantan pada umumnya yang didominasi oleh masyarakat suku Dayak, senjata tradisional dari Kalimantan Utara adalah Mandau sedangkan rumah adat atau rumah tradisional Kalimantan Utara adalah Rumah Baloy dan Lamin Adat.

Rumah Baloy adalah rumah adat Kalimantan Utara yang mempunyai ciri khas bangunan menghadap  ke Utara namun pintu utamanya menghadap ke Selatan. Didalam Rumah Baloy terdapat 4 ruang utama yang disebut Ambir yang masing-masing ruang mempunyai fungsi masing-masing seperti tempat mengadukan masalah, tempat bersidang, ruang istirahat dan ruang singgasana kepala adat.

Itulah profil singkat provinsi Kalimantan Utara, untuk selanjutnya anda bisa menemukan daftar cerita rakyat masyarakat Kalimantan Utara dibawah ini.

Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Utara


🌟 Asal Usul Raja Suku Tanjung
🌟 Wafatnya Raja Bunu
🌟 Asal Muasal Suku Bulungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar