Daftar Cerita Rakyat Gorontalo

Pada awalnya, Gorontalo adalah hanya sebuah Kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Utara, namun pada tahun 2000 dilakukan pemekaran wilayah dan Kabupaten Gorontalo diubah statusnya menjadi Provinsi Gorontalo yang merupakan provinsi ke 32 di Indonesia dengan ibukotanya adalah kota Gorontalo.

Provinsi Gorontalo yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi memiliki luas 12.435 km yang terbagi menjadi 5 Kabupaten, 1 Kota, 77 Kecamatan dan 735 Kelurahan.

Provinsi Gorontalo yang didominasi oleh Suku Gorontalo memiliki 3 buah rumah adat yaitu Dulohupa, Gobel dan Bantayo Po Boide.

Rumah adat Dulohupa adalah rumah adat masyarakat Gorontalo yang berbentuk panggung dengan atap berbentuk khas Gorontalo dengan pilar-pilar terbuat dari kayu sebagai hiasannya. Salah satu ciri khas rumah adat Gorontalo ini adalah mempunyai 2 buah tangga yang terletak di bagian kanan dan kiri rumah. Rumah adat ini berfungsi sebagai tempat bermusyawarah.

Daftar Cerita Rakyat Gorontalo

Masyarakat Provinsi Gorontalo memiliki 4 macam senjata tradisional yaitu : Wamilo, Bitu'o, Sabele dan Travalla dengan pakaian adat yang dinamakan Bili'u dan Mukuta.

Tari-tarian adat khas masyarakat Gorontalo adalah tari Dana-Dana, tari Saronde, tari Langga, tari Mopohuloo, tari Elengge, tari Tulude dan tari Sabe.

Provinsi Gorontalo mempunyai cukup banyak tempat wisata alam antara lain: danau Limboto, pantai Boalemo, taman laut Bitilia, pantai Bolihutuo, pantai Olele, air terjun Taludaa, air terjun Lombongo dan pantai Molotabu.

Setelah mengetahui profil provinsi Gorontalo, dibawah ini saya telah menyiapkan sebuah daftar yang berisi cerita rakyat masyarakat Gorontalo.

Daftar Cerita Rakyat Gorontalo


🌟 Asal Mula Botu Liodu Lei Lahilote
🌟 Asal Mula Danau Limboto
🌟 Asal-usul Daerah Tapa
🌟 Bulalo Lo Limutu
🌟 Limonu Yang Perkasa
🌟 Piilu Le Lahilote
🌟 Tuladenggi Dan Panthungo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar