Mengenal Phoebe Snetsinger Tokoh Google Doodles Hari Ini

photo phoebe snetsinger saat melakukan pengamatan burung
Google Doodles hari ini kembali menampilkan seorang tokoh dunia yang bernama Phoebe Snetsinger, siapakah Phoebe Snetsinger sehingga terpilih menjadi Google Doodles hari ini?. Anak Cemerlang akan memberikan informasi mengenai siapakah Phoebe Snetsinger berikut ini.

Phoebe Snetsinger merupakan seorang pengamat burung wanita terkenal asal Amerika Serikat yang telah menjelajah dunia untuk mengamati dan mengklasifikasikan berbagai jenis burung secara langsung.

Wanita yang lahir pada 9 Juni tahun 1931 di Lake Zurich, Illionis, Amerika Serikat ini merupakan seorang pengamat burung paling produktif didunia. Sepanjang hidupnya ia telah menjelajah ke berbagai tempat didunia dan berhasil meng-identifikasikan dan meng-klasifikasikan 8.398 jenis burung yang dituangkan dalam bukunya yang berjudul "Birding on Borrowed Time".

Phoebe Snetsinger pertama kali melakukan pengamatan burung pada tahun 1965 dengan mengamati seekor burung yaitu burung Blackburnian warbler (Setophaga fusca). Blackburnian warbler adalah
 sejenis burung warbler yang berkembang biak di padang rumput Amerika Utara dan Kanada. Burung ini saat musim dingin biasanya bermigrasi ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang memiliki suhu lebih hangat.
gambar burung blackburnian warbler (Dendroica fusca)

Pada Usia 50 tahun, yaitu di tahun 1981, Phoebe Snetsinger di diagnosa oleh dokter menderita sebuah penyakit yang disebut melanoma. Melanoma adalah sejenis kanker yang biasanya terjadi pada bagian kulit yang disebabkan oleh terpaparnya pigmen kulit oleh sinar ultraviolet. Sekitar 25 % penderita melanoma juga disebabkan oleh berkembangnya tahi lalat yang terdapat pada kulit tubuh mereka.

Setelah didiagnosa menderita melanoma, Phoebe Snetsinger bukannya langsung mengobati kanker-nya tersebut tetapi ia malah pergi ke Alaska dan mengamati burung-burung disana. Setelah pulang dari Alaska, barulah ia berusaha menyembuhkan penyakit tersebut dan setelah dinyatakan sembuh oleh dokter ia kembali melanjutkan hobinya melakukan pengamatan burung keberbagai pelosok dunia termasuk Indonesia yang sangat kaya akan berbagai jenis burungnya.

Perjalanan keberbagai belahan dunia untuk mengamati burung-burung ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit, namun berkat warisan dari ayahnya yaitu Leo Burnett yang seorang raja biro iklan di Amerika, hal tersebut menjadi lebih mudah baginya.

Pada 23 November 1999 saat ia telah berumur 68 tahun, ia melakukan perjalanan untuk mengamati burung-burung di Madagaskar, saat itulah mobil van yang ditumpanginya terbalik dan langsung menewaskannya saat itu juga.

Phoebe Snetsinger wafat dengan meninggalkan 4 orang anak dan 3 dari 4 orang anaknya tersebut juga mengikuti jejaknya menjadi pengamat burung yang salah satunya adalah Thomas J. Snetsinger yang mengkhususkan diri pada pengamatan burung yang terancam punah di daerah Hawai.

phoebe snetsingers 85th birthday google doodles hari ini

Phoebe Snetsinger telah mendedikasikan hidupnya pada pengamatan dan pengklasifikasian berbagai jenis burung didunia, itulah mengapa Google menampilkannya sebagai Google Doodles hari ini tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-85.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar