Daftar Cerita Rakyat Yogyakarta

Dalam tulisan hari ini saya akan membagikan sebuah daftar yang berisi sejumlah judul cerita rakyat yang berasal dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang biasa disebut Yogya, Jogja dan Yogyakarta.

Daftar Cerita Rakyat YogyakartaYogyakarta merupakan sebuah provinsi yang mendapat status istimewa, salah satu keistimewaannya adalah Gubernur dan Wakil Gubernur tidak dipilih melalui pemilu seperti daerah lainnya di Indonesia, tetapi yang menjadi Gubernur adalah Raja dari Kesultanan Yogyakarta yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono dan yang menjadi Wakil Gubernur adalah Adipati dari Kadipaten Pakualaman yaitu Sri Paku Alam yang selanjutnya kepemimpinan dilanjutkan berdasarkan garis keturunan mereka.

Kedudukan yang istimewa ini tidak terlepas dari sejarah Yogyakarta sendiri. Pada zaman dahulu, Yogyakarta merupakan bagian dari kerajaan kesultanan Mataram yang kemudian terpecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman.

Baik pada jaman penjajahan Belanda maupun Jepang, status mereka yang berdiri sendiri tetap diakui oleh para penjajah tersebut hingga pada 19 Agusutus tahun 1945 sehari setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya kedua daerah tersebut menyatakan bergabung dengan pemerintahan Indonesia dan menjadi provinsi Yogyakarta yang kemudian diperkuat status hukumnya melalui Undang-Undang no.3 tahun 1950 dan Undang-Undang no. 9 tahun 1955.

Sebagai sebuah daerah yang masih memegang erat tradisi dan budaya daerahnya, sudah barang tentu Yogyakarta memiliki banyak sekali cerita rakyat yang masih diceritakan secara turun menurun terutama berbagai legenda tentang suatu daerah tertentu seperti cerita Asal Muasal Gunung Merapi, Asal Mula Gunung Gentong, Asal Mula Gunung Bagus, Kisah Rorojonggrang yang merupakan asal muasal candi Prambanan dan masih banyak lagi yang semuanya bisa anda lihat pada daftar cerita rakyat Yogyakarta tersebut dibawah ini.

Daftar Lengkap Cerita Rakyat Yogyakarta

  1. Alas Bantal Watu
  2. Asal Mula Gunung Bagus
  3. Asal Mula Gunung Genthong
  4. Asal Mula Gunung Merapi
  5. Asal Mula Kanjeng Kyai Plered
  6. Baron Sekender
  7. Begawan Selapawening
  8. Danang Sutawijaya
  9. Goa Nagabumi
  10. Kali Gajah Wong
  11. Ki Ageng Mangir Wanabaya
  12. Kisah Gua Kiskenda
  13. Nyai Andan Sari Dan Kyai Guru Soka
  14. Retna Lestari
  15. Roro Jonggrang
  16. Syekh Balebelu
Seperti provinsi lainnya di Indonesia selain terdapat cerita rakyat dari provinsi tersebut, provinsi DI Yogyakarta juga memiliki rumah tradisional yang bernama Rumah Joglo, sedangkan senjata khas dari Yogyakarta sama dengan provinsi lainnya di pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu keris, sedangkan beberapa tarian khas dari daerah Yogyakarta antara lain adalah tari Gambyong dan tari Serimpi.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai provinsi Yogyakarta, anda juga bisa melihat informasi lainnya mengenai Yogyakarta melalui website resmi pemerintah Provinsi Yogyakarta dialamat www.jogjaprov.go.id.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar