Daftar Cerita Rakyat Papua

Provinsi Papua yang dahulu bernama Irian Jaya merupakan provinsi yang wilayahnya paling luas di Indonesia. Dengan wilayah yang begitu luas namun belum disertai dengan jalan-jalan yang memadai hal ini  menyebabkan pembangunan di provinsi tersebut masih jauh tertinggal dibandingkan dengan provinsi lainnya.

Daftar Cerita Rakyat Papua
Selain itu, kondidi alam yang sebagian besar masih berupa hutan-hutan lebat dan pegunungan dengan lembah dan jurang yang dalam mempersulit percepatan pembangunan di provinsi tersebut, namun pemerintah tidak tinggal diam dan terus berusaha membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat di provinsi Papua.

Penduduk Papua begitu beragam karena penduduk asli wilayah tersebut saja terbagi dalam lebih dari 20 suku diantaranya adalah suku Asmat, Dani, Sentani, Wamesa dan Biak dengan lebih dari 250 bahasa daerah dipergunakan disana.

Walaupun ada begitu banyak suku disana namun terdapat beberapa persamaan diantaranya adalah senjata khas yang mereka pergunakan. Senjata suku-suku asli di Papua antara lain adalah pisau belati yang terbuat dari tulang kaki burung kasuari dengan hiasan bulu-bulu burung tersebut dibagian ujung gagangnya dan juga panah yang terbuat dari kayu atau bambu sedangkan tali busurnya menggunakan tali rotan.

Seperti juga wilayah lainnya di Indonesia, provinsi Papua juga memiliki cukup banyak cerita rakyat diantaranya adalah cerita asal muasal gunung Duwanita, asal mula pulau Mambor, kisah tifa dan terompet bambu dan masih banyak lagi yang bisa anda lihat pada daftar cerita rakyat dari provinsi Papua dibawah ini.

Daftar Cerita Rakyat Dari Papua


  1. Asal Mula Gunung Duwanita
  2. Asal Mula Katak di Bumi Asmat
  3. Asal Mula Kerang Di Nimboran
  4. Asal Mula Nama Irian
  5. Asal Mula Pulau Mambor
  6. Biwar Penakluk Naga
  7. Buaya Ajaib Sungai Tami
  8. Danau Walait Yang Keramat
  9. Ker Araucasam (Bertemu Jodoh)
  10. Kisah Gadis Yomngga Dengan Ular Naga
  11. Kisah Tifa Dan Terompet Bambu
  12. Legenda Batu Keramat
  13. Meraksmana
  14. Peu Mana Meinegaka Sawai
  15. Tepaisaka Dan Kilipase
  16. Terjadinya Pohon Kelapa
  17. Topeng dan Pesta Roh
Selain cerita rakyat, salah satu ciri khas masyarakat Papua terlihat pada tari dan lagu yang sering mereka bawakan. Beberapa lagu daerah yang berasal dari Papua diantaranya adalah Apuse dan Yamko Rambe Yamko.

Demikianlah informasi seputar tanah Papua yang bisa anak cemerlang berikan, bila anda ingin mengenal lebih jauh provinsi Papua ini, anda bisa mengunjungi website resmi pemerintah daerah provinsi Papua dialamat www.papua.go.id.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar