Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah yang biasa disingkat KalTeng merupakan salah satu provinsi dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan seperti juga provinsi Kalimantan Barat yang telah anak cemerlang uraikan sebelumnya.

Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Tengah
Berdasarkan cerita legenda masyarakat suku Dayak yang ditulis oleh Tjilik Riwut, orang pertama yang mendiami pulau Kalimantan adalah Raja Bunu. Raja Bunu adalah seorang Brahma dari India yang mempunyai kulit berwarna hitam kemerah-merahan dengan rambut ikal. Raja Bunu diperkirakan tiba di pulau Kalimantan pada jaman batu baru (Neolitik) yaitu sekitar 5.000 - 10.000 tahun yang lalu.


Provinsi Kalimantan Tengah yang ibukota provinsi-nya adalah Palangkaraya secara resmi menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tanggal 23 Mei tahun 1957.

Sebelum abad ke-14, daerah Kalimantan Tengah masih murni di huni oleh suku Dayak saja tanpa ada pendatang dari etnis lain, pada tahun 1350 barulah ada pendatang yang memasuki daerah Kalimantan Tengah yang membawa agama Hindu.

Ketika pada tahun 1520 wilayah Kalimantan Selatan dikuasai oleh kerajaan Demak yang menganut agama Islam, mereka kemudian meluaskan wilayah kekuasaan-nya hingga ke Kalimantan Tengah hingga akhirnya pada tahun 1615 kesultanan Banjar mendirikan kerajaan Kotawaringin yang wilayahnya meliputi Sampit, Mendawai dan Pembuang.

Saat ini terdapat 3 etnis besar yang mendominasi masyarakat Kalimantan Tengah yaitu etnis Dayak, Jawa dan Banjar. Ketiga etnis mayoritas ini hidup damai berdampingan dengan beberapa etnis minoritas lain-nya seperti Melayu, Madura, Sunda dan Bugis yang melahirkan berbagai kesenian dan cerita rakyat khas masyarakat Kalimantan Tengah.

Berikut ini adalah daftar beberapa cerita rakyat dari provinsi Kalimantan Tengah yang masih tetap lestari dan dituturkan secara turun temurun dan juga melalui buku-buku kepada generasi muda Kalimantan Tengah.

Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Tengah

  1. Ambun Dan Rimbun
  2. Asal Mula Danau Malawen
  3. Asal Mula Garam Sepang
  4. Asal Usul Ikan Patin
  5. Dohong Dan Tingang
  6. Kutukan Raja Pulau Mintin
  7. Nyi Balau kehilangan Anak
  8. Palui
  9. Sangi Sang Pemburu
  10. Uder Mancing

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar