Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Selatan

Sebagai salah satu daerah yang pernah dihuni oleh 3 buah kerajaan besar yaitu Kerajaan Dipa, Daha dan Banjar, provinsi Kalimantan Selatan memiliki cukup banyak cerita rakyat terutama cerita mengenai asal muasal beberapa tempat di daerah tersebut seperti cerita Asal Muasal Gunung Batu Benawa, Asal Muasal Pulau Kambang dan juga Asal Muasal Gunung Batu Bangkai.

Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Selatan
Lebih dari 70 % penduduk Kalimantan Selatan berasal dari suku Banjar sehingga bahasa sehari-hari yang dipergunakan adalah bahasa Banjar dan bahasa Banjar kemudian ditetapkan sebagai bahasa daerah resmi Kalimantan Selatan.


Seperti juga provinsi lainnya yang berada di pulau Kalimantan seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, provinsi Kalimantan Selatan juga merupakan penghasil bahan tambang yang cukup besar seperti gas alam, batu bara, emas, intan dan minyak bumi.

Ibu kota provinsi Kalimantan Selatan adalah kota Banjarmasin, namun sejak tanggal 14 Agustus tahun 2011 pusat pemerintahannya berada di kota Banjarbaru.

Rumah adat Kalimantan Selatan adalah Rumah Banjar yang disebut Rumah Bubungan Tinggi. Salah satu ciri dari rumah ini adalah bubungan atau atapnya yang sangat tinggi. Sedangkan lagu daerah yang paling terkenal dari Kalimantan Selatan adalah lagu ampar-ampar pisang dan lagu pari barantai.

Demikianlah sekilas info tentang Kalimantan Selatan, anda juga bisa melihat informasi terbaru dan lebih mendetail tentang Kalimantan Selatan melalui website resmi pemerintah daerah provinsi Kalimantan Selatan di alamat www.kalselprov.go.id.

Berikut ini adalah daftar cerita rakyat yang berasal dari provinsi Kalimantan Selatan yang berhasil dikumpulkan oleh anak cemerlang.

Daftar Lengkap Cerita Rakyat Kalimantan Selatan

  1. Asal Mula Gunung Batu Banawa
  2. Asal Mula Pulau Kambang
  3. Batu Bini Dan Batu Laki
  4. Datu Pulung
  5. Datu Pulut
  6. Datung Ayuh Dan Bambang Siwara
  7. Dewi Luing Indung Bunga
  8. Hampang Datu
  9. Hikayat Sa-Ijaan Dan Ikan Todak
  10. Legenda Gunung Batu Bangkai
  11. Ning Rangda
  12. Puteri Junjung Buih
  13. Telaga Bidadari
  14. Ular Dandaung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar