Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Barat

Kalimantan Barat merupakan sebuah provinsi yang cukup tua, provinsi yang ibukota-nya adalah kota Pontianak ini resmi menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tanggal 1 Januari tahun 1957 yang berarti provinsi yang terletak di pulau Kalimantan ini telah berumur 59 tahun pada tahun 2016.

Dengan usia yang sudah cukup tua, sangat wajar bila masyarakat telah mengetahui berbagai cerita rakyat yang berasal dari Kalimantan Barat seperti  "Asal Mula Nama Burung Ruai", "Batu Menangis", dan juga "Semangka Emas". Untuk mengetahui lebih lengkap apa saja cerita rakyat yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat ini bisa anda lihat pada bagian akhir tulisan ini.

Provinsi Kalimantan Barat dikenal dengan julukan " Provinsi Seribu Sungai " karena di provinsi ini terdapat ratusan sungai baik yang berukuran besar dan juga yang berukuran kecil yang kebanyakan menjadi jalur dan urat nadi transportasi di Kalimantan Barat, terutama didaerah pedalaman. Beberapa sungai yang cukup besar dan biasa dijadikan sebagai jalur pelayaran diantaranya adalah sungai Kapuas dan sungai Melawi.

Daftar Cerita Rakyat Kalimantan Barat

Daftar Lengkap Cerita Rakyat Kalimantan Barat


  1. Asal Mula Nama Burung Ruai

  2. Asal Mula Nama Sungai Kawat

  3. Asal Usul Pulau Belumbak

  4. Batu Menangis

  5. Kisah Putung Kempat

  6. Legenda Bulit Kelam

  7. Legenda Sungai Landak

  8. Putri Anam Dan Putri Bussu

  9. Semangka Emas
Terdapat 2 etnis yang mendominasi masyarakat provinsi Kalimantan Barat yaitu masyarakat dari etnis suku Dayak dan Melayu yang bila digabungkan, jumlah keduanya mendekati 70 % masyarakat penghuni Kalimantan Barat dengan mayoritas agama yang dipeluknya adalah Islam.

Karet dan kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan yang paling di andalkan provinsi ini untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi-nya. 

Selain cerita rakyat, kesenian tradisional dengan alat musiknya seperti Gong, Kollatung, Tawaq, Sapek, Balikan dan Kangkuang masih terus dijaga kelestariannya, sedangkan tari-tarian yang berasal dari Kalimantan Barat diantaranya adalah tari Pingan, tari Kondan, tari Jonggan, tari Zapin dan tari Kinyah Uut Danum yang merupakan salah satu tarian perang khas suku dayak Uut Danum namun saat ini tarian tersebut banyak digunakan dalam penyambutan tamu dan acara-acara besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar