Daftar Cerita Rakyat Sumatera Utara

Sebagai salah satu provinsi yang cukup tua di Indonesia, Sumatera Utara memiliki cukup banyak cerita rakyat yang terus dijaga kelestariannya dengan cara diceritakan secara turun temurun dan juga melalui berbagai buku bacaan.

Beberapa judul cerita rakyat dan dongeng dari daerah Sumatera Utara yang cukup terkenal diantaranya adalah "Asal Mula Danau Toba", "Legenda Batu Gantung" dan juga "Legenda Puteri Hijau". Daftar cerita rakyat yang berasal dari Sumatera Utara selengkapnya bisa anda lihat di bawah ini.

Selain beragamnya cerita rakyat yang terdapat di Sumatera Utara, ada juga beberapa tarian daerah dari Sumatera Utara ini yang cukup terkenal seperti "Tari Tor-Tor" dan "Tari Serampang 12". Provinsi yang dibentuk pada tahun 1945 ini juga terkenal dengan kerajinannya yaitu kain songket dan kain ulos.

Dengan beragam suku dan agama yang tinggal di Sumatera Utara, provinsi ini memiliki banyak sekali makanan khas namun satu ciri utama masakan Sumatera Utara adalah masakannya yang menggunakan bumbu sangat pedas seperti saksang, dengke naniarsik dan babi panggang.

gambar logo provinsi sumatera utara

Daftar Lengkap Cerita Rakyat Sumatera Utara

  1. Asal Mula Danau Si Losung dan Si Pinggan
  2. Asal Mula Danau Toba
  3. Asal Mula Nama Kota Parapat
  4. Kisah Kelana Sakti
  5. Kisah Puteri Ular
  6. Legenda Batu Gantung
  7. Legenda Lau Kawar
  8. Legenda Puteri Bidadari
  9. Legenda Puteri Hijau
  10. Na Mora Pande Bosi Lubis
  11. Si Dayang Bandir
  12. Silinduat (Kembar)
  13. Siraso, Sang Dewi Bibit Suku Nias

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar