Daftar Cerita Rakyat Sumatera Selatan

Pada tulisan berikut ini, saya ingin membagikan sebuah daftar cerita yang berisi tentang sejumlah daftar cerita rakyat dari Sumatera Selatan seperti : Asal usul nama kota Palembang yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan, putri berias, si pahit lidah dan juga raja empedu.

Sejak jaman dahulu yaitu pada abad ke-7 sampai dengan ke-12 Masehi, wilayah Sumatera Selatan dikenal dengan sebutan "Bumi Sriwijaya" karena pada masa tersebut diwilayah tersebut terdapat sebuah kerajaan besar yang bernama Kerajaan Sriwijaya yang terkenal dengan armada laut-nya yang tangguh.

Gubernur Sumatera Utara yang pertama bernama Mohammad Isa yang menjabat dari tahun 1946 hingga tahun 1952. 

Seperti wilayah Sumatera pada umum-nya, masakan khas Sumatera Selatan juga didominasi oleh rasa pedas seperti : Pempek, tekwan, sambal jokjok, tempoyak dan pindang patin. 

Objek wisata yang menjadi andalan provinsi ini untuk menarik turis lokal dan mancanegara berkunjung antara lain adalah : Jembatan ampera, pulau Kemaro, danau Ranau, dan wisata alam sungai musi.

Daftar Cerita Rakyat Sumatera Selatan

Daftar Lengkap Cerita Rakyat Sumatera Selatan

  1. Asal Mula Nama Palembang
  2. Asal Usul Silampari
  3. Baginde Lubuk Gong
  4. Bute Puru
  5. Legenda Asal Mula Lomba Bidar
  6. Legenda Pulau Kemaro
  7. Pati Enggang Dan Rio Brani
  8. Pengorbanan Putri Kemarau
  9. Putri Berias
  10. Raden Alit
  11. Raja Empedu
  12. Semesat Dan Semesit
  13. Si Pahit Lidah
  14. Ting Gegenting
Jangan lupa untuk melihat juga daftar cerita rakyat dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat yang telah saya publikasikan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar