Daftar Cerita Rakyat Sumatera Barat

Bila sebelumnya saya telah membagikan daftar cerita rakyat dan dongeng dari daerah Sumatera Utara, kali ini saya akan membagikan daftar yang berisi kumpulan cerita rakyat Sumatera Barat.

Dalam daftar yang bisa anda lihat dibawah ini, terdapat 13 buah cerita dan dongeng yang berasal dari Sumatera Barat seperti Malin Kundang, Kisah Pak Lebai Malang dan Nyanyian Burung Hantu.

Sumatera Barat yang ber-ibukota-kan Padang memiliki penduduk sekitar 5 juta jiwa dan mayoritas penduduknya berasal dari etnis Minangkabau dengan agama terbesar adalah Islam.

Beberapa tempat wisata yang terkenal dari provinsi ini diantaranya adalah jam gadang, istana pagaruyung, danau singkarak, danau maninjau, benteng fort de kock dan juga taman margasatwa kinantan.

Rumah adat Sumatera Barat disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang biasanya dibuat dengan menggunakan bahan kayu, namun dalam proses pembuatannya tidak menggunakan paku besi tapi menggunakan pasak yang juga terbuat dari kayu.

Daftar Cerita Rakyat Sumatera Barat
Tarian tradisional yang berasal dari wilayah Sumatera Barat antara lain adalah tari payung, tari piring, tari indang dan tari pasambahan sedangkan senjata tradisionalnya adalah keris dan kurambiak.

Beberapa masakan khas Sumatera Barat yang cukup terkenal diantaranya adalah rendang, dendeng balado, sate padang, soto padang dan bubur kampiun.

Daftar Lengkap Cerita Rakyat Daerah Sumatera Barat

  1. Asal Mula Jerat
  2. Asal Mula Sungai Ombilin Dan Danau Singkarak
  3. Asal Usul Danau Maninjau
  4. Bujang Kirai Yang Pemberani
  5. Kaba Anggun Nan Tongga
  6. Mak Isun Kayo
  7. Nyanyian Burung Hantu
  8. Pak Lebai Malang
  9. Rambun Pamenan
  10. Sabai Nan Aluih
  11. Si Batek Dan Si Toulu (Kura-Kura Dan Biawak)
  12. Si Malin Kundang
  13. Siamang Putih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar