Pengertian Dan Definisi Negara Serikat

Negara serikat disebut juga negara federal. Pengertian atau definisi negara serikat adalah suatu negara yang terbentuk dari gabungan beberapa negara.

Untuk membedakan negara serikat dengan bentuk negara yang lain kita bisa melihat dari ciri-ciri umum yang dimiliki oleh negara serikat atau negara federal seperti berikut ini :

Pengertian Dan Definisi Negara Serikat
  1. Setiap negara bagian berstatus tidak berdaulat, namun kekuasaan asli tetap ada pada tiap negara bagian.
  2. Kepala negara dari negara yang berbentuk federal (serikat) dipilih oleh rakyat dan bertanggung jawab kepada rakyat melalui sebuah pemilihan umum.
  3. Pemerintah pusat memperoleh kedaulatan secara penuh dari negara-negara bagian untuk urusan ke luar (urusan yang berhubungan dengan negara lain) dan kedaulatan tidak penuh untuk urusan dalam negeri (pada hal-hal tertentu masing-masing negara bagian berhak membuat peraturan dan kebijakan sendiri).
  4. Setiap negara bagian mempunyai wewenang untuk membuat undang-undang sendiri selama tidak bertentangan dengan pemerintahan pusat.
  5. Kepala negara memiliki hak veto (hak untuk melakukan pembatalan keputusan) yang diajukan oleh parlemen (senat dan kongres).
Contoh beberapa negara yang merupakan negara serikat antara lain adalah Amerika, Australia, India, Jerman, Brasil, Malaysia, dan Swiss.

Selain berbentuk negara serikat ada juga beberapa bentuk negara yang lain seperti Negara Monarki dan Negara Demokrasi, silahkan klik link berikut untuk mengetahui definisi negara demokrasi dan juga definisi negara monarki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar