Definisi Negara Kesatuan

Setelah sebelumnya kita membahas tentang negara serikat, kali ini saya akan mencoba mendefinisikan arti dari negara kesatuan.

Yang dimaksud dengan negara kesatuan adalah suatu negara yang merdeka dan berdaulat yang kekuasaan pemerintahannya hanya ada ditangan pemerintah pusat, pemerintah pusat yang mengatur seluruh daerah dalam negara tersebut.

Bentuk negara kesatuan bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu negara kesatuan dengan sistem sentralisasi dan negara kesatuan dengan sistem desentralisasi.

Pada negara kesatuan dengan sistem sentralisasi, segala sesuatu dalam negara tersebut diatur oleh pemerintah pusat sedangkan daerah hanya tinggal melaksanakannya saja.

Definisi Negara Kesatuan

Pada negara kesatuan dengan sistem desentralisasi, pemerintah pusat mengatur seluruh wilayah negara dengan memberikan pedoman secara garis besar saja sedangkan pada hal-hal yang mendetail diserahkan kepada pemerintah daerah yang biasa dikenal dengan istilah otonomi daerah.

Ciri-ciri umum negara kesatuan :

  1. Kedaulatan negara mencakup kedaulatan ke dalam dan ke luar yang ditangani oleh pemerintah pusat.
  2. Negara hanya memiliki satu undang-undang dasar, satu kepala Negara, satu dewan menteri, dan satu dewan perwakilan rakyat.
  3. Hanya ada satu kebijaksanaan yang menyangkut persoalan politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan yang ditentukan oleh pemerintah pusat
Contoh beberapa negara yang menggunakan sistem negara kesatuan diantaranya adalah Indonesia, Filipina, Belanda, Italia dan Jepang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar