Daftar Cerita Rakyat Bengkulu

Pada halaman ini anda bisa menemukan daftar yang berisi cerita rakyat yang berasal dari provinsi Bengkulu, namun sebelumnya saya ingin sedikit menceritakan tentang sejarah Bengkulu.

Provinsi Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang terletak disebelah barat daya dari pulau Sumatera dengan ibukota provinsi-nya adalah Kota Bengkulu. Provinsi yang terdiri dari 9 kabupaten dan 1 kota ini diresmikan menjadi provinsi yang ke-26 dari NKRI pada tanggal 18 November tahun 1968 dengan Gubernur pertamanya adalah Ali Amin.

Pada jaman dahulu, di daerah Bengkulu pernah berdiri beberapa kerajaan besar seperti Kerajaan Sungai Kerut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Balai Buntar dan juga pernah menjadi bagian dari wilayah Kerajaan Inderapura.

Lebih dari 50 % wilayah provinsi Bengkulu di tinggali oleh suku Rejang yang merupakan suku asli provinsi Bengkulu karena itu bahasa Rejang adalah salah satu bahasa daerah yang umum dipakai oleh masyarakat Bengkulu, selain itu di provinsi Bengkulu juga terdapat beberapa bahasa lain yang banyak digunakan seperti bahasa Serawai, bahasa Melayu, bahasa Basemah, bahasa Kaur dan bahasa Enggano.

Beberapa objek wisata yang menjadi andalan provinsi Bengkulu diantaranya adalah pantai Panjang yang berjarak sekitar 3 km dari Kota Bengkulu, Pantai Laguna Samudra, Danau Dendam Tak Sudah yang memiliki satu-satunya anggrek air Vanda Hookeriana, Benteng Marlborough, pemandian air panas Rejang Lebong dan juga taman laut yang berada disekitar pulau Enggano.

Provinsi Bengkulu juga memiliki rumah tradisional yang bernama Pusako Bubung Limo dan senjata tradisional masyarakat Bengkulu adalah Keris khas Bengkulu.

Logo Lambang Provinsi BengkuluSetelah membaca sejarah singkat tentang asal usul provinsi Bengkulu dibawah ini anda bisa melihat daftar yang berisi sejumlah cerita rakyat dari provinsi Bengkulu yang disusun secara alfabet.

Daftar Cerita Rakyat Bengkulu

  1. Anok Lumang
  2. Asal Mula Danau Tes
  3. Keramat Riak
  4. Kisah Ular N'Daung
  5. Legenda Batu berambai
  6. Legenda Ular Kepala Tujuh
  7. Putri Gading Cempaka
  8. Putri Kemang
  9. Putri Serindang Bulan
  10. Si Gulap Yang Sabar
  11. Sinatung Natak
Jika anda tertarik untuk melihat daftar cerita rakyat dari provinsi lainnya di Indonesia silahkan menuju ke halaman daftar cerita rakyat nusantara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar