Daftar Cerita Rakyat Jawa Timur

Logo Provinsi Jawa Timur
Jawa Timur merupakan provinsi yang terletak paling timur dari pulau Jawa dengan ibukota provinsi-nya adalah kota Surabaya.

Provinsi yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, Selat Bali dan juga Laut Jawa ini memiliki curah hujan yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain di pulau Jawa seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Walaupun begitu Jawa Timur memiliki wilayah yang jauh lebih luas dari pada kedua provinsi di pulau Jawa tersebut dan perekonomian-nya mampu memberikan sumbangan hampir 15 persen dari seluruh pendapatan kotor nasional.

Kesenian khas dari daerah Jawa Timur yang cukup terkenal diantaranya adalah Reog dan Ludruk. Dalam setiap pementasan Reog yang telah ditetapkan sebagai ikon budaya Jawa Timur biasanya diawali dengan pertunjukan Kuda Lumping yang sarat dengan unsur-unsur supranatural.

Bila dilihat dari segi pariwisata, objek pariwisata dari Jawa Timur yang telah terkenal hingga mancanegara diantaranya adalah Gunung Bromo yang memiliki keindahan panorama alam luar biasa, ada juga Pantai Plengkung yang keindahan ombaknya merupakan salah satu yang terbaik didunia yang menjadi incaran para peselancar.

Selain itu, Provinsi Jawa Timur juga memiliki cukup banyak cerita rakyat dan daftar lengkap cerita rakyat dari daerah Jawa Timur bisa anda lihat dibawah ini.

Daftar Cerita Rakyat Jawa Timur

  1. Ande-Ande Lumut
  2. Angling Darma
  3. Aryo Menak
  4. Asal Mula Nama Kota Surabaya
  5. Asal Mula Reog Ponorogo
  6. Asal Usul Kota Banyuwangi
  7. Calon Arang
  8. Cindelaras
  9. Damarwulan
  10. Jaka Budug Dan Putri Kemuning
  11. Jaka Seger Dan Rara Anteng
  12. Legenda Gunung Arjuna
  13. Legenda Gunung Kelud
  14. Naga Baru Klinting
  15. Kisah Si Penjual Kucing

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar