Daftar Cerita Rakyat Jawa Tengah

Seperti halnya provinsi Jawa Barat, provinsi Jawa Tengah juga telah dibentuk sejak jaman penjajahan Belanda. Provinsi yang ber-ibukota di Semarang ini memiliki 5 buah gunung berapi yang masih aktif yaitu Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Dieng.

Sebagian besar penduduk Jawa Barat bergantung dari sektor pertanian untuk penghidupan mereka sehari-hari. Beberapa produk dari sektor pertanian yang cukup terkenal diantaranya adalah kayu jati, tembakau, dan bawang merah.

Provinsi Jawa Tengah juga memiliki banyak objek wisata yang cukup menarik seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Grojogan Sewu, Goa Jatijajar, Masjid Demak, Masjid Sunan Bonang, Pantai Binangun dan Pantai Karang Jahe.
gambar logo provinsi jawa tengah

Di Jawa Tengah juga terdapat beberapa makam tokoh terkenal seperti makan R.A Kartini yang merupakan tokoh pergerakan wanita Indonesia, ada juga makam Mpu Santibadra yang terkenal sebagai pengarang kitab Pustaka Sabda Badra Santi.

Beberapa makanan khas Jawa Tengah yang cukup terkenal diantaranya adalah Dawet Ireng, Nasi Gandul, Tongseng, Getuk, Telur Asin Brebes, Soto Jepara, Jenang Kudus, Gula Semut dan juga Soto Kudus.

Beberapa cerita rakyat dari daerah Jawa Tengah yang cukup terkenal diantaranya adalah Loro Jonggrang, Jaka Tarub, Aji Saka, dan Timun Mas. Untuk mengetahui nama dan judul cerita rakyat dari Jawa Tengah selengkapnya saya telah memuat-nya pada daftar cerita rakyat Jawa Tengah dibawah ini.

Daftar Cerita Rakyat Jawa Tengah

  1. Aji Saka, Asal Mula Huruf Jawa

  2. Arya Penangsang

  3. Asal Muasal Rawa Pening

  4. Asal Mula Nama Daerah Lemah Gempal

  5. Asal Mula Telaga Pasir

  6. Asal Usul Bunga Teratai

  7. Asal Usul Gua Keramat Rembang

  8. Dewi Sri

  9. Jaka Kendhil

  10. Jaka Tarub

  11. Ki Ageng Pandanaran

  12. Legenda Gunung Wurung

  13. Legenda Kawah Sikidang

  14. Legenda Rawa Pening

  15. Loro Jonggrang, Asal Mula Terjadinya Candi Prambanan

  16. Rara Mendhut

  17. Sayembara Ki Ageng Rajekwesi

  18. Timun Emas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar