Daftar Nama Cerita Rakyat Aceh

Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang diberi keistimewaan oleh pemerintah pusat Indonesia berupa hak untuk menerapkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari kepada seluruh masyarakat muslim yang tinggal disana termasuk dalam sistem pemerintahannya.

Sebagai sebuah provinsi dengan wilayah yang cukup luas, Aceh juga kaya akan budaya dan adat istiadat diantaranya adalah beberapa karya sastra terkenal seperti Hikayat Prang Sabi, Hikayat Malem Diva dan Legenda Putroe Neng.

Selain karya sastra, Aceh juga memiliki senjata tradisional yang terkenal yaitu Rencong dan juga tarian khas suku Aceh yang telah terkenal hingga manca negara seperti tari saman, tari guel dan tari seudati.
gambar logo provinsi Aceh

Selain itu, Aceh juga memiliki banyak cerita rakyat dan cerita legenda yang telah diceritakan dari mulut ke mulut sejak jaman dahulu dan berikut ini adalah daftar nama cerita rakyat Aceh yang saya susun berdasarkan alfabet.
  1. Asal-usul Tari Guel
  2. Banta Berensyah
  3. Banta Seudang
  4. Batu Belah
  5. Beungong Meulu Dan Beungong Peukeun
  6. Lesek Keti Ara
  7. Mentiko Betuah
  8. Naga Sabang dan Dua Raksasa Seulawah
  9. Putra Mahkota Amat Mude
  10. Raja Burung Parakeet
  11. Si Kepar
  12. Tujuh Anak Lelaki
Itulah daftar cerita rakyat Aceh yang bisa saya sampaikan, bila anda tertarik untuk mengetahui jalan ceritanya silahkan klik link yang terdapat pada masing-masing judul cerita rakyat Aceh tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar