Asal Muasal Daerah Lemah Gempal Cerita Rakyat Jawa Tengah

Asal Muasal Daerah Lemah Gempal Cerita Rakyat Jawa Tengah

Lemah Gempal adalah nama sebuah tempat didaerah Semarang, Jawa Tengah. Ada sebuah cerita rakyat yang cukup menarik mengenai asal usul daerah Lemah Gempal dan berikut ini adalah kisahnya.

Sejak zaman Belanda, Semarang sering dilanda banjir. Hal itu tidak mengherankan mengingat daerah Semarang terletak di pantai, sementara di tengah kota melintas sebuah sungai besar.

Keadaan seperti itu sangat meresahkan warga, lebih-lebih saat musim penghujan. Karena setiap musim hujan datang maka banjir akan datang.

Jika terjadi banjir tidak sedikit harta benda penduduk yang hanyut dibawa air. Bahkan sering pula membawa korban jiwa.

Pemerintah kolonial Belanda memutuskan, untuk menanggulangi banjir maka perlulah dibangun kanal. Kanal adalah parit yang sangat besar yang berfungsi sebagai sungai.

Sebagian aliran dari sungai induk akan dialirkan melalui sungai menjadi lebih kecil sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya banjir.

Lalu pemerintah memnbuat dua kanal di bagian barat dan timur Semarang. Sehingga kedua kanal tersebut dikenal dengan nama Banjir Kanal Barat dan Banjir Kanal Timur.

Konon, ketika membangun kanal di sebelah barat, para pekerja sempat dibuat bingung karena di kanal bagian barat tanah-tanah hasil galian selalu longsor sehingga mengakibatkan pembangunan Banjir Kanal Barat selalu gagal.

Karena putus asa, maka para pekerja mengunjungi orang pintar untuk menanyakan apa yang harus dilakukan agar tanah tidak longsor lagi. Orang pintar itu biasa dipanggil oleh warga sekitar dengan sebutan Ki Sanak.

Untuk mencegah tanah longsor kembali, Ki Sanah menyuruh pekerja untuk mengambil batu dari sebelah kanan dan kiri rumahnya. Lalu kuburlah kedua batu itu pada salah satu bagian tanggul yang sedang dikerjakan.

Pesan sang kyai dilaksanakan betul oleh para pekerja. Pada saat itu terjadilah keajaiban. Reruntuhan bekas tanggul tersebut kembali menyatu dan bagian-bagian tanggul yang semula runtuh kembali lagi menjadi utuh.

Konon mulai pada saat itu, daerah tersebut dikenal masyarakat dengan nama Lemah Gempal. (Lemah dalam bahasa Jawa berarti tanah dam gempal berarti longsor atau bongkah).

Pesan moral dari cerita rakyat Jawa Tengah berjudul Asal Mula Nama Daerah Lemah Gempal ini adalah janganlah kita mudah putus asa apabila menemui suatu kesulitan, mintalah petunjuk Allah dan berusahalah lebih keras lagi, Insya Allah kita akan menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.

Download PDF

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar