Benarkah Mewarnai Membuat Otak Anak Cemerlang

Benarkah bahwa dengan menggambar dan mewarnai gambar bisa membuat otak anak menjadi cemerlang ?. Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kedua aktivitas tersebut dan pada umumnya orang tua telah mengetahui bahwa aktivitas menggambar dan mewarnai gambar memberikan banyak manfaat dalam pengembangan keterampilan anak baik secara fisik maupun mental.

Namun sebagian besar orang tua hanya mengetahui bahwa menggambar dan mewarnai memberikan manfaat tapi tanpa mengetahui dengan detil apa manfaat dari mewarnai gambar tersebut. Karena itulah dibawah ini saya akan memberikan ulasan lebih mendetail tentang manfaat dari menggambar dan mewarnai gambar bagi anak-anak

mewarnai membuat otak anak cemerlang

Benarkah Mewarnai Membuat Otak Anak Cemerlang ?


1. Sebagai Wadah Berekspresi
Anak-anak sangat membutuhkan media ekspresi untuk menyampaikan ide-idenya. Dengan mewarnai gambar anak-anak diberi kebebasan untuk menterjemahkan kemampuan nalarnya, contohnya anak akan cenderung memberi warna hijau untuk objek daun dan warna biru untuk langit. Mewarnai juga memberi ruang bagi anak untuk berekspresi dengan menggunakan warna kesukaannya

2. Membantu Mengenal Perbedaan Warna

Anak-anak yang senang mewarnai akan lebih cepat mengenal nama-nama warna dan perbedaan antara warna-warna krayon atau pensil warna yang digunakan.

3. Melatih anak Memegang Alat Tulis dengan Benar
Banyak anak-anak yang lebih dahulu mengenal krayon atau pensil warna sebelum ia belajar menulis. Ini sangat membantu pada saat anak tersebut mulai belajar menulis, karena ia telah terbiasa memegang dan mengendalikan alat tulis tersebut.

4. Melatih Kemampuan Koordinasi
Dengan mewarnai gambar, tanpa disadari anak akan belajar menggunakan kemampuan koordinasi karena dalam mewarnai diperlukan koordinasi yang baik antara mata dan tangan. Anak yang terbiasa mewarnai cenderung memiliki karya yang lebih baik daripada saat pertama kali ia melakukannya.

5. Meredam Emosi Anak
Rangsangan yang masuk pada indera penglihatan akan diteruskan kepada otak berupa stimulasi-stimulasi perasaan nyaman sehingga kegiatan ini sekaligus menjadi wadah yang sangat baik dalam mengontrol emosi anak.

6. Mengembangkan Keterampilan Motorik
Aktifitas mewarnai dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik kasar (gross motor skill) yaitu melalui gerakan lengan dan keterampilan motorik halus (fine motor skill) melalui gerakan jari-jari tangan.

7. Meningkatkan Konsentrasi
Mewarnai gambar membutuhkan konsentrasi supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Aktifitas mewarnai dapat melatih anak berkonsentrasi pada pekerjaannya dan mengabaikan suasana di sekelilingnya.

8. Melatih Anak Mengenal Detail Objek
Saat pertama kali mengenal kertas gambar untuk diwarnai, anak mungkin akan memoles krayon atau pensil warna pada keseluruhan bidang kertas tanpa memperhatikan bagian-bagian gambar. Lambat laun ia mulai menggunakan garis-garis gambar sebagai bidang batas yang perlu diwarnai, sehingga anak harus memahami detil objek yang akan diwarnai terlebih dahulu sebelum mewarnai.

9. Melatih Anak Membuat Target
Kegiatan mewarnai mempunyai target untuk memberi warna keseluruhan objek pewarnaan. Ini mendorong anak untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut secara tuntas dan dengan dengan cara seksama untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya.

10. Membantu Mengenalkan Berbagai Bentuk
Melalui kegiatan mewarnai, anak-anak akan mengetahui bentuk-bentuk benda di sekitarnya dengan sangat baik sekaligus melatih logika anak. Misal buah pisang bentuknya menyerupai oval dan lazimnya berwarna kuning saat matang.

Dari 10 manfaat mewarnai gambar yang telah saya sebutkan dan jelaskan diatas, tentu anda bisa menarik kesimpulan sendiri pertanyaan benarkah bahwa mewarnai bisa membuat otak anak menjadi cemerlang ?.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar