Bagaimana Terjadinya Petir

Setelah mengetahui beberapa fenomena alam yang terjadi dilangit seperti bagaimana terjadinya pelangi, bagaimana terjadinya awan dan hujan, kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana terjadinya petir.

Petir adalah sebuah fenomena alam yang biasanya terjadi sebelum dan saat hujan. Di Indonesia, petir mempunyai beberapa nama lain seperti geledek, kilat, guntur dan halilintar. Petir adalah hasil dari pelepasan muatan listrik di awan. Energi dari pelepasan itu sangat besar sehingga menimbulkan rentetan cahaya, panas, dan bunyi yang sangat kuat. 

Jadi apabila ada yang menanyakan yang manakah yang lebih dahulu terjadi guntur yang bersuara sangat keras atau kilat ?, jawabannya tentu saja kilat karena suara petir yang begitu keras tersebut terjadi karena adanya kilat atau petir.

Petir terjadi akibat perpindahan muatan negatif menuju ke muatan positif. Petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. 

Uganda adalah negara yang paling banyak memiliki petir, disana petir hampir setiap hari terjadi sedangkan di Indonesia, daerah yang paling banyak terjadi petir adalah di Bogor, Jawa Barat.

Dibawah ini adalah foto dari beberapa petir besar yang sempat di abadikan dengan kamera, foto petir ini diambil dari berbagai tempat didunia.

Foto badai petir diatas awan


foto petir diatas sebuah desa

foto petir

gambar badai petir diatas kota

gambar petir

photo badai petir terdahsyat di dunia

Silahkan klik gambar diatas jika ingin melihat gambar petir ini dengan lebih jelas !.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar