Tehnik Mewarnai Gambar Dengan Crayon

Crayon atau Krayon merupakan salah satu alat mewarnai yang terbuat dari minyak dan lilin serta bubuk pewarna. Penggunaan crayon cukup populer karena crayon mempunyai warna-warna yang menarik selain itu crayon juga lebih aman digunakan oleh anak-anak dari pada cat minyak yang telah lebih dahulu digunakan.

Dipasaran terdapat berbagai jenis crayon, mulai dari yang berharga murah hingga yang berharga mahal, mulai dari yang berisi 12 warna hingga yang berisi 24 warna. Dari sekian banyak merek dan jenis crayon yang manakah yang terbaik untuk digunakan ?, yang manakah yang paling bisa menghasilkan warna yang paling baik ?.

Untuk menghasilkan gambar dengan warna yang paling baik tidak harus menggunakan crayon dengan harga yang mahal atau crayon dengan isi banyak karena hasil pewarnaan tergantung dari tehnik yang digunakan dalam mewarnai gambar dengan crayon tersebut dan berikut ini saya akan memberikan tips tehnik mewarnai gambar dengan crayon agar dengan menggunakan crayon jenis apapun hasilnya akan maksimal.

Tehnik Mewarnai Gambar Dengan Crayon



Sebelum mewarnai dengan crayon kita membutuhkan beberapa alat dan bahan sebagai berikut :

1. Crayon Set
Sediakan 1 set crayon dengan merek apa saja dan jumlahnya boleh berapa saja.

2. Gambar Sketsa Untuk Diwarnai
Bisa anda dapatkan secara gratis di www.anakcemerlang.com atau membeli di toko buku.

3. Pensil 8B
Pensil ini digunakan untuk mempertegas bagian terluar dari gambar dan digunakan setelah gambar selesai diwarnai.

4. Penghapus Crayon
Penghapus crayon biasanya berbentuk segitiga atau lonjong dan digunakan untuk menghapus gambar atau warna yang dianggap tidak perlu.

5. Tisu Kering
Tisu ini digunakan untuk membersihkan ampas crayon yang seringkali menempel pada bagian ujung crayon.

6. Alat Kerok
Alat kerok ini bisa menggunakan berbagai benda asalkan memiliki ujung yang pipih seperti uang logam atau sendok es krim. Fungsi alat kerok ini adalah untuk membuat efek khusus dengan cara mengerok warna pada bagian gambar.

7. Alat peraut
Ada 2 jenis alat peraut, yang memiliki lubang kecil untuk meraut crayon dengan ukuran kecil dan yang memiliki lubang besar untuk meraut crayon yang memiliki ukuran besar.

8. Alas Gambar
Gunakan alas yang tebal dan lembut untuk melapisi kertas yang akan diwarnai agar hasil pewarnaan nantinya lebih halus dan merata, bisa menggunakan kertas koran ataupun karton yang tebal.

Setelah semua alat dan bahan tersedia mulailah mewarnai dengan beberapa tehnik mewarnai dengan menggunakan crayon seperti berikut ini :

A. Mewarnai Gambar Dengan Crayon Dengan Tehnik Putar 

Mewarnai dengan tehnik putar yang sering juga disebut tehnik circular adalah dengan cara memutar-mutarkan crayon secara berulang-ulang pada objek gambar yang diinginkan sehingga seluruh bagian gambar terwarnai oleh crayon. Lakukan cara ini pada setiap warna yang digunakan !.

Kekurangan dari mewarnai dengan tehnik putar adalah waktu yang digunakan untuk mewarnai akan lebih lama, namun tehnik ini mempunyai kelebihan yaitu hasil pewarnaan dengan crayon akan merata secara maksimal.

B. Mewarnai Gambar Dengan Crayon Dengan Tehnik Menggores

Tehnik menggores dalam mewarnai gambar dengan crayon biasa juga disebut dengan tehnik linear, caranya adalah dengan menggoreskan crayon membentuk garis lurus secara berulang-ulang pada objek gambar yang diinginkan sehingga seluruh bagian gambar terwarnai seluruhnya.

Dengan tehnik menggores proses mewarnai gambar akan lebih cepat namun kekurangannya adalah hasil dari warna yang diaplikasikan kurang merata.

Agar hasil dari pewarnaan bisa lebih maksimal, gabungkan kedua tehnik mewarnai gambar dengan crayon diatas dengan tehnik gradasi menggunakan crayon yang telah saya publikasikan sebelumnya dan pada artikel berikutnya saya akan memberikan tips dan trik mewarnai gambar dengan crayon yang berupa panduan langkah-langkah dalam mewarnai gambar dengan crayon.


Download PDF

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar