Cara Membuat Gradasi Warna Dengan Crayon

Sebelum memberikan tips cara membuat gradasi warna dengan crayon saya ingin memberikan definisi atau pengertian dari gradasi warna terlebih dahulu agar kita lebih memahami cara membuat gradasi warna dengan menggunakan crayon tersebut.

Gradasi warna adalah perpaduan antara 2 buah warna atau lebih yang dituangkan pada sebuah objek yang sama misalkan buah-buahan sehingga warna-warna tersebut terlihat menyatu dan selaras walaupun tingkat peralihan antara warna yang satu dengan warna lainnya terlihat dengan jelas.

Anak-anak perlu mempelajari tehnik gradasi warna karena dengan menggunakan tehnik gradasi, warna pada gambar akan terlihat lebih hidup dan lebih menarik selain itu pengaplikasian-nya pun tidak terlalu sulit karena pada dasarnya hanya terdapat 2 buah tehnik dalam gradasi warna.


Cara Membuat Gradasi Warna Dengan Crayon

Tehnik gradasi warna gelap ke warna terang

Cara membuat gradasi warna gelap ke terang dengan menggunakan crayon adalah dengan menorehkan terlebih dahulu  crayon dengan warna yang lebih gelap pada bidang objek yang ingin diwarnai kemudian torehkan crayon dengan warna yang lebih terang menimpa warna yang lebih gelap.

Untuk menghaluskan warna terutama pada bagian persambungan warna, gunakan crayon dengan warna yang lebih terang, balurkan dengan perlahan agar gradasi warna bisa membaur dengan sempurna dan terlihat lebih alami.

Tehnik gradasi warna terang ke warna gelap

Tehnik ini merupakan kebalikan dari tehnik gradasi yang pertama. Torehkan terlebih dahulu warna yang lebih terang pada objek gambar yang ingin diwarnai baru kemudian diatasnya disapukan crayon dengan warna yang lebih gelap. Tehnik gradasi warna terang ke gelap seringkali digunakan untuk menciptakan efek embos pada gambar.

Cobalah gunakan kedua tehnik cara membuat gradasi warna dengan crayon ini pada beberapa buah gambar mewarnai yang bisa anda dapatkan gratis disini agar bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing tehnik sehingga saat mengikuti lomba mewarnai gambar, anak anda tidak ragu lagi dalam memilih warna dan tehnik gradasi yang ingin dipakai.


Download PDF

2 komentar:

Poskan Komentar