Fakta Tentang Planet Merkurius Yang Perlu Diketahui

Pada  artikel pertama yang membahas tentang fakta-fakta sains yang perlu diketahui oleh anak-anak dan juga orang dewasa ini, saya ingin berbagi fakta ilmiah tentang planet Merkurius yang disajikan dengan bahasa yang umum dan santai sehingga anak-anak lebih mudah memahaminya.

Merkurius adalah sebuah planet berukuran kecil yang letak orbit-nya paling dekat dengan matahari dibandingkan dengan planet-planet lain dalam susunan tata surya kita. 

Karena letaknya yang berada sangat dekat dengan matahari maka planet merkurius merupakan planet yang sangat panas dan gersang, bentuk permukaan-nya menyerupai kawah yang tertutup seperti yang terdapat di bulan.

gambar planet merkurius

Fakta tentang planet merkurius yang perlu diketahui oleh anak-anak :

  • Permukaan planet merkurius sangat mirip dengan bulan yaitu gersang, tandus, berbatu dan dipenuhi dengan banyak kawah.
  • Karena sangat dekat dengan matahari maka suhu udara disiang hari planet tersebut sangat panas, bisa mencapai lebih dari 400 derajat Celcius.
  • Merkurius memiliki gravitasi permukaan yang sangat rendah sehingga orang bisa melayang di planet tersebut.
  • Merkurius tidak memiliki atmosfer sehingga disana tidak ada angin dan cuaca sama sekali. Tidak ada musim hujan atau musim panas.
  • Dipermukaan planet Merkurius tidak terdapat air, tetapi mungkin dibawah permukaan planet tersebut ada, hanya saja para ilmuwan belum bisa memastikan-nya.
Demikianlah fakta tentang planet Merkurius yang bisa saya sampaikan, kunjungi terus blog anak cemerlang ini untuk mendapatkan info sains untuk anak dan juga artikel menarik lainnya seputar pengembangan karakter dan pendidikan anak-anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar