Fakta Planet Venus - Sains Untuk Anak

Venus merupakan planet yang berada dalam urutan kedua dalam jajaran tata surya kita, Venus juga merupakan planet yang paling panas dengan suhu sekitar 500 derajat Celcius. Ukuran planet Venus hampir sama dengan bumi tetapi sangat berbeda jauh dalam hal atmosfir dan kondisi permukaan-nya.

Permukaan Venus dipenuhi dengan gunung berapi aktif yang sangat sering meletus. Disana juga terdapat awan tebal yang terkunci didalam suhu yang sangat panas, karena itu salah satu fakta nyata tentang planet Venus adalah bahwa planet itu tidak bisa kita tinggali.

Masih banyak fakta-fakta lain tentang planet Venus yang ingin saya utarakan dan dibawah ini kamu bisa membaca fakta lengkap planet Venus tersebut yang telah teruji secara ilmiah.

gambar planet venus

Fakta Ilmiah Planet Venus

  • Unsur utama yang paling banyak terdapat pada atmosfir planet Venus adalah karbon dioksida.
  • Planet Venus  memiliki gravitasi yang hampir sama dengan planet Bumi.
  • Ukuran planet Venus hanya sedikit lebih kecil dari Bumi.
  • Venus dikelilingi oleh awan panas yang terdiri dari unsur merkuri, hidro karbon klorida dan asam sulfat. Kondisi ini menciptakan hujan asam yang paling dahsyat yang pernah ada di semua planet dalam tata surya kita.
  • Karena kondisi permukaan Venus yang dipenuhi dengan kawah dan gunung berapi aktif, maka para astronom sering menjulukinya dengan nama "Gurun Badai" dan ada juga sebagian lain yang menjulukinya sebagai kawasan "Timah Cair".
  • Pada permukaan Venus sama sekali tidak terdapat air.
  • Planet Venus berotasi dengan arah yang berlawanan dengan planet Bumi sehingga di Venus, matahari terbit di barat dan tenggelam di arah timur.
  • Rotasi planet Venus terjadi selama 243 hari sementara revolusinya berlangsung selama 224,7 hari. Hal ini membuat satu hari di Venus lebih lama dari satu tahun di Bumi.
Sangat menarik bukan membaca fakta-fakta tentang planet Venus diatas?. Karena itu jangan lewatkan untuk membaca fakta-fakta tentang planet lainnya yang terdapat pada tata surya kita seperti fakta planet Jupiter dan juga fakta planet Merkurius yang artikel-nya telah saya berikan lebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar