Fakta Planet Mars Untuk Anak Pencinta Sains

Planet Mars sering disebut sebagai planet merah karena bila dilihat dari kejauhan planet ini berwarna kemerah-merahan. Warna kemerah-merahan ini disebabkan oleh adanya lapisan besi serta lapisan permukaan yang selalu berdebu dan atmosfernya sangat tipis.

Kondisi alam planet Mars yang relatif tenang tidak seperti planet Merkurius atau Jupiter yang selalu bergejolak dan juga letaknya yang tidak terlalu jauh dengan bumi menjadikan planet Mars sebagai salah satu tempat tujuan manusia untuk melakukan berbagai eksplorasi atau penjelajahan di luar angkasa.

Sejumlah robot dan antariksawan telah dikirimkan kesana untuk mencari dan mengumpulkan berbagai sampel dan catatan penting yang sangat berguna bagi para peneliti di bumi untuk dikaji dan dipelajari. Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan maka terdapat beberapa fakta penting tentang planet Mars yang telah berhasil dibuat diantaranya adalah :

gambar permukaan planet mars

Fakta Planet Mars

  1. Nama Mars untuk planet Mars diambil dari nama dewa perang bangsa Romawi yaitu Mars.
  2. Planet Mars mendapat julukan planet merah karena permukaan-nya ditutupi dengan debu karat dari partikel besi yang ada dipermukaan Mars dan debu tersebut terbawa hingga lapisan atmosfer planet Mars.
  3. Karena mengalami badai debu dahsyat yang terjadi terus menerus maka permukaan planet Mars juga terus menerus berubah.
  4. Mars memiliki cukup banyak gunung berapi berukuran besar dan yang paling besar dinamakan oleh para ilmuwan dengan nama "Olympus Mons".
  5. Gunung Olympus Mons adalah gunung berapi terbesar di tata surya kita, tingginya mencapai 21 km dan luasnya sekitar 600 km.
  6. Planet Mars memiliki lapisan atmosfir yang sangat tipis yang kandungan terbesarnya adalah karbon dioksida dan hal ini membuat planet Mars tidak mampu menjebak panas matahari untuk menghangatkan planet tersebut.
  7. Suhu di planet Mars sangat dingin, pada musim panas suhunya hanya sekitar 25 derajat Celcius sedangkan saat musim dingin suhunya bisa mencapai minus 120 derajat Celcius.
  8. Pada permukaan planet Mars terdapat banyak jejak seperti saluran air, dataran  dan lembah yang mungkin saja disebabkan oleh erosi air dimasa lalu.
  9. Planet Mars memiliki 2 buah satelit yaitu Phobos dan Deimos.
  10. Planet Mars mengorbit pada matahari selama 687 hari dan masa rotasi-nya adalah 25,62 jam.
Itulah beberapa fakta penting planet Mars yang telah berhasil diungkap oleh para ilmuwan kita dan disajikan oleh anak cemerlang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar