Fakta Planet Bumi - Sains Untuk Anak

Planet Bumi adalah planet tempat tinggal kita, begitu banyak hal yang telah kita pelajari dari dunia tempat tinggal kita ini namun faktanya adalah bahwa ada lebih banyak lagi hal yang belum kita ketahui dan harus terus kita pelajari agar kita bisa lebih memahami bumi tempat kita berpijak ini. 

Ada begitu banyak fenomena alam yang masih belum bisa dijawab oleh para ahli sains, namun jangan berkecil hati karena telah ada cukup banyak fakta tentang planet bumi yang telah berhasil diungkap dan berikut ini saya akan memberitahukan beberapa fakta menarik tentang planet bumi yang telah diungkap dan saya berusaha menyajikan dalam bahasa yang sederhana agar ilmu sains ini mudah dipahami oleh anak-anak sekalipun.

Fakta Planet Bumi - Sains Untuk Anak


gambar planet bumi
  1. Dibawah permukaan bumi terdapat batuan cair panas yang disebut magma dan setelah keluar dari gunung berapi disebut lava.
  2. Gas alam yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan gas untuk kompor sebenarnya tidak memiliki bau namun setelah diolah oleh manusia ditambahkan zat yang memiliki bau sangat kuat agar kita bisa mendeteksi apabila ada kebocoran.
  3. Gurun terbesar didunia adalah gurun Sahara, luasnya adalah sekitar 9.000.000 km dan ini berarti luasnya hampir sepertiga luas benua Afrika.
  4. Sungai Nil adalah sungai terpanjang dibumi, panjangnya mencapai 6696 kilometer.
  5. Batuan vulkanik yang dikenal sebagai batu apung adalah satu-satunya jenis batu yang bisa mengapung di atas permukaan air.
  6. Gunung Everest adalah gunung tertinggi yang terdapat di bumi, tingginya mencapai 8.848 meter diukur dari atas permukaan laut.
  7. Permukaan laut dijadikan patokan dalam mengukur tinggi sebuah permukaan dibumi karena dimanapun kita berada tinggi permukaan laut adalah sama.
  8. Gempa bumi yang terjadi dilaut dapat menyebabkan tsunami besar yang bila mencapai tanah dapat membahayakan jiwa manusia.
  9. Bentuk bumi sebenarnya adalah tidak bulat tetapi agak pipih pada kutub utara dan kutub selatan.
  10. Usia bumi menurut para ahli adalah antara 4-5 miliar tahun.
  11. Hutan hujan tropis terbesar didunia adalah hutan Amazon.
  12. Talk adalah mineral paling lembut yang pernah ditemukan di bumi karena itu talk sering digunakan sebagai bahan pembuat bedak.
  13. The Great Barrier Reef yang terdapat di Australia adalah kumpulan terumbu karang terbesar didunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau yang membentang sepanjang 2.600 kilometer.

Demikianlah fakta planet bumi yang bisa saya berikan saat ini, semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan kita dan bila anda tertarik untuk mengetahui fakta tentang planet lain seperti fakta tentang planet Merkuris, fakta planet Jupiter dan fakta planet Venus anda bisa membaca-nya di blog anak cemerlang ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar