Fakta Ilmiah Planet Uranus

Uranus adalah planet yang memiliki penampakan sedikit berbeda dengan planet-planet lain yang telah kita bahas sebelumnya, dari jauh planet Uranus terlihat berwarna biru kehijauan. Warna biru kehijauan ini terjadi karena adanya gas metana dalam tingkat yang tinggi.

Unsur utama atmosfer planet Uranus sama dengan planet Jupiter dan planet Saturnus yaitu hidrogen dan helium dan mengandung banyak es.

Seperti planet raksasa lain, planet Uranus mempunyai sistem cincin, magnetosfer serta banyak satelit alami. Sistem Uranian konfigurasinya unik di antara planet-planet karena sumbu rotasi miring ke sampingnya, hampir pada bidang revolusinya mengelilingi Matahari.

gambar planet uranus

Fakta Planet Uranus

  1. Planet Uranus adalah planet pertama yang ditemukan lewat teleskop, penemunya adalah Sir William Herschel pada 13 Maret 1781.
  2. Kecepatan angin di planet Uranus dapat mencapai 900 km/jam.
  3. Awalnya planet Uranus diberi nama Georgium Sidus namun nama tersebut kurang populer diluar Inggris, para astronom lebih memilih nama Uranus yang merupakan versi latin dari Dewa Langit Yunani Kuno yaitu Ouranos.
  4. Waktu rotasi Uranus terhadap Matahari adalah 84 tahun, ini berarti bahwa setiap kutub akan mengalami siang hari selama 42 tahun dan berikutnya akan mengalami malam hari selama 42 tahun.
  5. Para astronom menduga bahwa dibawah Uranus terdapat amonia dan metana terjebak jauh dibawah lapisan inti batu planet Uranus.
  6. Atmosfer Uranus sebagian besar terdiri dari hidrogen dan sebagian lagi adalah gas metana. Gas metana menyerap cahaya merah dan menyebarkan cahaya biru sehingga kabut metana yang berwarna biru kehijauan menutupi planet tersebut dari pandangan mata kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar