Fakta Ilmiah Planet Jupiter

Bila Merkurius merupakan planet terkecil, maka planet Jupiter adalah planet terbesar dalam susunan tata surya kita. Planet Jupiter terkenal dengan "Red Spot" yaitu sebuah badai besar yang terjadi di permukaan planet tersebut yang telah berlangsung selama lebih dari 300 ratus.

Bila dilihat dari foto dibawah ini, badai gas tersebut membuat permukaan Jupiter terlihat indah namun fakta-nya adalah bahwa badai besar tersebut adalah badai gas terbesar dan terlama di tata surya kita, belum pernah ada badai sebesar itu terjadi di bumi.

Selain memiliki banyak bulan, Jupiter juga memiliki memiliki banyak cincin seperti yang dimiliki oleh planet Saturnus tetapi karena jarak cincin tersebut cukup jauh maka cincin Jupiter kurang jelas terlihat.

gambar planet jupiter

Fakta Ilmiah Planet Jupiter Yang Perlu Diketahui Oleh Anak-Anak :

  1. Jupiter merupakan planet terbesar dalam sistem tata surya kita, saking besarnya maka lebih dari 1.300 bumi bisa masuk kedalam Jupiter.
  2. Dibagian tengah planet Jupiter terdapat inti batuan yang luasnya sedikit lebih besar dari planet Bumi tempat kita tinggal tetapi beratnya lebih dari 20 kali berat bumi.
  3. Disekitar inti planet Jupiter terdapat lautan hidrogen cair yang dalamnya sekitar 1.000 kilometer.
  4. Jupiter memiliki banyak bulan yang terus berputar mengelilinginya, 4 dari bulan tersebut ukuran-nya lebih besar dari planet Pluto.
  5. Jupiter dikelilingi oleh awan tebal berwarna-warni yang mengandung gas beracun yang sangat mematikan.
  6. Planet Jupiter memiliki medan magnet yang sangat kuat sehingga berat kita akan bertambah 2 1/2 kali dari pada berat saat dibumi.

Demikian fakta ilmiah tentang planet Jupiter yang bisa saya bagikan kepada anak cemerlang Indonesia, semoga info sains untuk anak ini bisa menambah pengetahuan kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar