Cara Menemukan Gaya Belajar Yang Paling Efektif Untuk Anak Anda

Didunia ini terdapat berbagai cara serta metode untuk mendidik dan mengajar seorang anak dan jumlahnya semakin bertambah dan mereka mengklaim bahwa gaya belajar mengajar merekalah yang paling efektif, namun semua itu tetap fokus hanya pada 3 gaya atau metode yaitu :

a. Gaya belajar lewat mata yang juga dikenal sebagai visual learning style

b. Belajar melalui telinga yang dikenal dengan auditory learning style.

c. Belajar lewat gerakan yang juga dikenal dengan istilah kinesthetic learning style.

Dari ke-3 gaya belajar yang saya sebutkan diatas, yang manakah gaya belajar yang paling efektif bagi anak anda sehingga bisa mengoptimalkan potensi serta kemampuan mereka ?.


Gaya Belajar Yang Paling Efektif Untuk Anak
Untuk menemukan gaya belajar yang paling efektif dan sesuai untuk anak, anda bisa melihat dari tingkah laku mereka sehari-hari. Amati respon mereka terhadap informasi yang anda atau lingkungan anda berikan, pelajari bagaimana mereka menangani informasi tersebut.

Agar lebih jelas, dibawah ini saya akan memberikan beberapa contoh situasi bagaimana anak menerima dan mengolah sebuah informasi.

Cara mudah menemukan gaya belajar yang paling efektif untuk anak-anak :

1. Amati apakah anak anda lebih suka belajar dengan ditemani suara musik atau malah mereka lebih suka belajar dalam suasana yang sepi.

Bila mereka lebih suka belajar dengan ditemani suara musik, tidak ada salahnya bila anda memberikan lagu-lagu klasik sebagai teman belajarnya atau biarkan ia memilih sendiri lagu yang ia sukai namun bila sebaliknya buatlah kondisi rumah cukup sepi atau tambahkan peredam ditembok kamarnya agar ia bisa belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya dengan tenang.

2. Coba anda uji, apakah mereka lebih mudah berkonsentrasi saat mendengar atau mereka lebih mudah berkonsentrasi saat diperlihatkan sesuatu.

Bila anak anda lebih mudah menerima dan mengingat informasi yang datang melalui telinganya, sangat baik bila saat mereka belajar anda menemaninya dengan membacakan pelajaran yang perlu mereka hapalkan atau anda juga bisa minta anak anda untuk mengajak teman-temannya belajar bersama dirumah sehingga mereka bisa berdiskusi.

3. Amati kemampuan anak dalam mengingat, apakah mereka lebih mudah mengingat sesuatu yang disebut secara lisan daripada sesuatu yang ia baca atau lihat gambarnya.

Bila ternyata anak anda lebih mudah mengingat sesuatu yang ia baca atau lihat gambarnya, bantu ia belajar dengan memberikan buku bacaan yang sesuai dengan minatnya atau buku-buku seperti ensiklopedia yang mempunyai banyak gambar.

Dari hasil pengujian dan pengamatan diatas, yang manakah yang merupakan ciri-ciri anak anda ?.

Bila anda sudah menemukan gaya belajar yang paling efektif untuk anak anda, bantu mereka mengoptimalkannya dengan menyediakan sarana dan prasarana serta lingkungan yang tepat agar prestasi mereka juga bisa optimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar