10 Cara Terbaik Mendidik Anak Agar Menjadi Baik

Ada banyak cara dalam mendidik anak agar menjadi baik namun cara yang manakah yang terbaik ?. Berikut ini saya akan memberikan 10 cara terbaik dalam mendidik anak agar menjadi baik yang telah teruji berdasarkan riset para psikolog anak.

Cara Terbaik Mendidik Anak Agar Menjadi Baik

10 Tips Cara Terbaik Dalam Mendidik Anak Agar Menjadi Orang Yang Baik

1. Bersenda Gurau Dan Tertawa Bersama

Dengan bersenda gurau bersama anak-anak akan dapat membantu mereka dalam menjalin komunikasi dengan sesama manusia, baik itu dengan teman sebaya maupun orang yang lebih tua. Bercanda dan tertawa bersama juga akan memberikan rasa bahagia untuk seluruh anggota keluarga.

  2. Senantiasa Bersabar Dan Jaga Agar Pikiran Tetap Positif

Saat anda sedang merasa kesal atau marah janganlah sekali-kali meluapkannya kepada anak-anak anda karena jika anda berlaku kasar kepada mereka baik itu dengan perkataan atau perbuatan maka anak akan cenderung menjadi sangat agresif dan hal ini bisa terbawa hingga mereka dewasa nanti.

  3. Tanamkan Rasa Simpati Pada Orang Lain

Tanamkanlah rasa simpati pada orang lain yang sedang mengalami kesusahan kepada anak-anak anda sejak dini. Ajarkanlah mereka untuk bersedekah walaupun hanya sedikit, tanamkan kepada mereka bahwa dengan bersedekah kita tidak akan menjadi miskin. Dengan banyak bersedekah justru hidup kita akan menjadi semakin berkah.

  4. Cobalah Fahami Keinginan Anak

Kebanyakan orang merasa bahwa dialah yang paling tahu cara mendidik anak menjadi baik, namun fahamilah bahwa masing-masing anak tidak selalu berperangai sama. Walaupun berasal dari rahim yang sama tetapi watak dan perilaku anak bisa berbeda-beda, mereka juga mempunyai keinginan yang berbeda.

Memahami dan memenuhi keinginan anak bukan berarti kita harus memanjakan mereka tetapi kita harus menghargai dan mendukung keinginan mereka.

  5. Biarkan Anak Melawan

Melawan disini bukan berarti membiarkan anak menjadi kurang ajar terhadap orang tua tetapi yang saya maksud adalah ajarkan mereka agar mampu mempertahankan pendapat mereka sendiri dan bukan hanya menjadi pengikut saja. Setiap orang tua tentu lebih suka anaknya kelak menjadi seorang pemimpin dari pada hanya sekedar pengikut saja bukan?.

  6. Biarkan Anak Mandiri

Salah satu cara melatih anak agar kelak menjadi orang yang mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain adalah dengan membiarkan mereka melakukan sesuatu sesuai keinginan mereka tanpa bantuan kita, berikan mereka kepercayaan bahwa mereka mampu melakukan hal tersebut namun kita harus tetap mengawasi mereka dari kejauhan agar mereka tidak salah dalam melangkah.

  7. Jagalah Kesehatan Pikiran Dan Hindarilah Stress

Saat tubuh kita kurang sehat dan banyak pikiran entah itu karena masalah dalam pekerjaan atau masalah rumah tangga janganlah ditunjukkan kepada mereka karena mereka pasti akan merasa mendapat perlakuan yang berbeda dari biasanya dan bila berlangsung lama maka hal ini bisa menggangu kesehatan jiwa mereka.

  8. Beri Perlakuan Yang Sama

Janganlah membeda-bedakan perlakuan antara anak perempuan dengan anak lelaki atau anak yang lebih tua dengan anak yang lebih muda, berikan rasa kasih sayang yang sama kepada semua anak.

  9. Jangan Berharap Anak Menjadi Orang Yang Sempurna

Tidak ada seorang pun yang sempurna, baik itu saya, anda, maupun anak-anak anda. Terimalah mereka apa adanya karena setiap orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan. Mungkin mereka tidak terlalu pandai dalam pelajaran berhitung tetapi bisa saja mereka mudah dalam mengingat dan menghapal pelajaran yang bersifat teoritis.

  10. Jangan Bertengkar Didepan Anak

Saat anak melihat orang tua yang mereka sayangi dan hormati bertengkar dihadapan mereka apalagi sampai saling mencaci maki, secara mental anak akan mendapat tekanan. Hal-hal yang bersifat psikologis seperti ini secara perlahan bisa mempengaruhi tempramen mereka hingga dewasa nanti.

Semoga dengan tips- tips mendidik anak diatas kita bisa mendidik anak agar menjadi orang yang lebih baik dari pada kita dimasa depan. Janganlah mengulang kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang tua kita saat kita kecil. Ambil hal-hal baik yang pernah mereka ajarkan dan buang hal-hal buruk yang pernah mereka perlihatkan.

Jangan lupa untuk juga membaca artikel tentang " Cara Mudah Mengenali Ciri-Ciri Dan Tanda Anak Berbakat " dan juga" Cara Menemukan Gaya Belajar Yang Paling Efektif Untuk Anak ".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar